Banyak Kenangan di Tumblr, Masa Kenangan Aja Nggak Bisa Diakses juga?

Banyak Kenangan di Tumblr, Masa Kenangan Aja Nggak Bisa Diakses juga?

Ilustrasi (Greg Montani/pixabay.com)

Situs jejaring sosial dan mikroblog Tumblr sudah tidak bisa diakses sejak Senin (5/3). Netizen pun berbondong-bondong mengeluhkan kesulitan akses ini di Twitter kepada beberapa operator seluler.

Ternyata, penyebab sulitnya akses warganet ke Tumblr karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali memblokir situs media sosial Tumblr. Alasannya ada dua. Pertama, mengandung konten asusila. Kedua, pihak Tumblr tidak memberikan respon ketika dihubungi pemerintah. Akhirnya, sejak Senin setidaknya ada delapan DNS milik Tumblr yang aksesnya ditutup oleh Kominfo.

Dari mekanisme operasinya, Tumblr sebenarnya mirip dengan Twitter. Platform tersebut memungkinkan pengguna membagi beragam jenis posting. Baik itu teks, video, foto, GIF, tautan, maupun quote. Pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan reblog yang mirip dengan fungsi retweet.

Netizen pun menuangkan kekecewaannya terhadap keputusan pemerintah ini. Ya kali, ada banyak kenangan di Tumblr, Pak. Masa-masa masih deketin gebetan. Apa iya sampai kenangan saja gak bisa diakses lagi?

Dua tahun lalu, pada Februari 2016, Kominfo juga sempat mewacanakan pemblokiran Tumblr karena dinilai turut menyebarkan konten pornografi dan LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender). Karena banyak pihak yang protes, akhirnya pemblokiran itu dibatalkan.

Pembatalan pemblokiran saat itu juga diberikan karena Tumblr dianggap kooperatif. Menurut keterangan resmi dari Kominfo, Tumblr bersedia melakukan self-censorship atas konten-konten negatif yang tak sesuai dengan aturan di Indonesia.

Kalau yang sekarang bagaimana?

2 KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN