Seumpama Jokowi Merekrut YouTubers Jadi Menteri

Seumpama Jokowi Merekrut YouTubers Jadi Menteri

Foto: Instagram

Untuk menyambut Revolusi Industri 4.0, tidak ada salahnya jika Presiden Joko Widodo mempertimbangkan nama-nama YouTubers untuk mengisi jajaran menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

Sebelumnya, Jokowi sudah wanti-wanti butuh menteri yang bisa jadi eksekutor yang kuat, bisa mengeksekusi program-program yang ada. Nggak usah kaget kalau nanti ada menteri berumur 20 tahunan. Sebab, Jokowi memerlukan anak muda yang enerjik, dinamis, dan kreatif untuk menggenjot industri kreatif secara masif.

Sesuai dengan visi Digital Economy, maka platform YouTube yang sedang naik daun dirasa pas sebagai sumber mencari bibit-bibit menteri yang paham dengan bidangnya masing-masing.

Nah, berikut adalah nama-nama YouTubers beserta dengan perkiraan jabatan yang cocok di Kabinet Kerja Jilid II. Simak, gaes…

Menteri Luar Negeri – Rich Brian

Sebelum melanglang buana sampai ke jagat internasional, Rich Brian mengawali karier sebagai YouTuber dengan nama panggung Rich Chigga. Lagu rap berjudul “Dat St$ck” yang diunggah di kanalnya sukses bikin internet pecah dan memikat perhatian dunia.

Pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno ini sudah sering wara-wiri ke luar negeri. Bahasa Inggrisnya pun sudah cas-cis-cus. Maka, jabatan Menteri Luar Negeri cocok untuknya. Atau, malahan Jokowi memang sudah merencanakannya?

Baca juga: Menjadi ‘YouTubers’ yang Dihujat Netizen, tapi Dikagumi Presiden

Yang pasti, belum lama ini, Rich Brian diundang ke istana. Mungkin saja sekalian interview kerja, hehe. Soalnya nggak mungkin kan alasannya karena ingin mengangkat Rich Brian jadi gembala kambing istana. Tapi, rasanya Rich Brian kudu kolabs dulu sama Dino Patti Djalal biar nggak slek. Bukan begitu, ayah?

Menteri Dalam Negeri – Young Lex

Young Lex pernah sesumbar kalau Rich Brian berjaya di luar negeri, maka dirinya lah yang akan berkuasa di dalam negeri. Oke, kita kasih.

Tapi, lima menit setelah dilantik, kita reshuffle. Hiya hiya hiya.

Menteri Keuangan – Raditya Dika

Raditya Dika mengaku sudah bisa pensiun dini dari industri hiburan karena keuangannya telah stabil. Semua itu berkat instrumen-instrumen investasi yang dirancangnya sejak memulai karier sebagai penulis di usia muda. Beberapa kali, Radit juga membagikan pengetahuan kepada pelanggan kanalnya tentang perencanaan finansial yang baik.

Nah, kita perlu skill ngatur duit ala Radit untuk mengelola keuangan negara. Jangan kaget kalau nanti pejabat dan anggota parlemen rakyat juga disuruh mengikuti gaya hidup minimalis.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Maksimalis Lagi Ngetren sebagai Lawan Setimpal Budaya Konsumerisme

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Cute Girl ‘Animasi Nopal’

Sewaktu Si Nopal ogah berangkat sekolah karena hujan, Cute Girl menyemangati dengan sebuah lagu, “Heiiiii si Nopal~ Jangan menyerah~ Ayo sekolah~ Jangan menyerah karena hujan aja~ Bawa payungnya~ Pakai sweaternya~ Plastikin tasnya~ Jangan lupa doa~”

Hiyaaaa! Dilihat dari cara nyanyinya saja, karakter Cute Girl yang diisi suaranya oleh si Nadiah ini sangat peduli dengan pendidikan. Cocok jadi Mendikbud yang jago menyemangati anak-anak berangkat sekolah. Berangkat ke sekolah walaupun hujan itu budaya kita! Menghujani kebijakan zonasi sekolah dengan kritik juga budaya kita!

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – Atta Halilintar

Konten Atta Halilintar yang paling sering trending adalah grebek rumah. Apalagi, sewaktu grebek kediaman Lucinta Luna. Namun, yang sering digrebek oleh Bang Atta hanyalah rumah-rumah mewah milik artis.

Bagaimana jika Atta grebek rumah rakyat biasa? Masih ada loh rumah rakyat yang belum layak huni. Dengan ‘Gerakan Grebek Rumah’, Atta bisa melihat langsung kondisi di lapangan. Supaya tidak di ‘Menara Gading’ yang bergelimang harta hypebeast, sehingga lupa dengan rakyat yang kurang beruntung dan butuh bantuan pemerintah.

Baca juga: ‘Hypebeast’ yang Katanya Bikin Anak Muda Jadi Eksis

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Bayu Skak

Dengan kedaerahannya, Bayu Skak bisa membangun kanalnya sampai dikenal luas oleh pemirsa Indonesia, tak hanya tenar di kalangan arek Jawa Timur. Bayu Skak juga telah memperkenalkan film dengan full Bahasa Jawa ke jaringan bioskop nasional sampai tembus sejuta penonton.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa Bayu Skak ahlinya ahli ‘menjual’ imaji ‘ndeso’ menjadi sesuatu yang berdaya saing. Maka, bukan tak mungkin di tangan Bayu Skak, potensi desa bisa dikembangkan. Beberapa daerah tertinggal bisa maju dan bersaing dengan kota-kota lain.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Qory Gore

Jika YouTuber luar punya Logan Paul, kita punya Qory Gore. Dua YouTuber beda kebangsaan ini sama-sama pernah menjelajahi hutan tempat orang bunuh diri di Jepang. Keduanya juga kompak menuai kontroversi karena mengekspoiltasi hal sensitif demi konten YouTube.

Qory Gore yang demen keluyuran di hutan, sepertinya cocok jadi menteri yang ngurusin kehutanan. Tapi, harus galak kalau ada pembalakan liar. Sebab, aktivitas itu termasuk upaya bunuh diri secara perlahan bumi kita.

Menteri Perhubungan – Ewing HD

Ewing HD terkenal dengan konten horor Malam Jumat yang membahas hal-hal menyeramkan dan bikin bulu kuduk berdiri. Sampai dibuatkan film dengan judul yang sama. Yang empunya channel pun jadi aktor utamanya.

Artikel populer: Atta Halilintar Masuk Soal Ujian Anak SD? Ashiaaap!

Jika jadi Menteri Perhubungan, selain mengurusi transportasi umum seperti bus kota, Ewing bakalan ngurusin bus hantu. Tak hanya menghubungkan satu kota ke kota lainnya, tetapi juga menghubungkan antar-dimensi, dari dunia manusia ke dunia gaib. Begitu pula sebaliknya.

Tapi, sebelum sejauh itu, Menhub mesti tegas menangani oknum-oknum yang melakukan pungli. Nyatanya, oknum-oknum itu selalu menghantui sepanjang hari. Nggak cuma malam hari.

Menteri Kelautan dan Perikanan – Ria Ricis

Ria Ricis punya kanal khusus untuk dirinya jadi putri duyung, yaitu Mermaid Ricis. Sebagai pengganti Susi Pudjiastuti, Ricis mampu mengurusi perikanan, sebab ia adalah ikan itu sendiri.

Sebagai seseorang yang berambisi menjadi duyung, laut adalah rumahnya. Otomatis Ricis akan menjaga teritori rumahnya dari kezaliman negara tetangga. Kapal-kapal asing yang nakal tidak akan ditenggelamkan, karena itu cara Bu Susi. Ricis pakai cara yang berbeda: kapal asing dipencet-pencet layaknya squishy.

Menteri Pemuda dan Olahraga – Kimi Hime

Alasannya, Kimi Hime favoritnya para pemuda. Sudah begitu, ia suka main gim. Olahraga juga kan? E-sport.

Usulan ini bisa saja diterima. Asalkan, jatah menterinya tidak habis oleh partai koalisi dan partai rival yang ikutan ngebet. Hmmm…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.