Kamu Tim Rendang ‘Crispy’ atau Rendang Basah?

Kamu Tim Rendang ‘Crispy’ atau Rendang Basah?

(Ilustrasi/pixabay.com)

Lini masa media sosial belakangan memanas. Bukan hanya di Indonesia, bahkan masuk ranah internasional. Lintas negara. Keren kan? Eh?

Pada salah satu episode perempat final Masterchef UK para finalis ditantang membuat masakan yang dianggap penting atau berpengaruh bagi mereka.

Salah seorang finalis bernama Zaleha -yang berasal dari Malaysia- memasak nasi lemak lengkap dengan rendang ayam sebagai lauknya. Dia mengatakan bahwa ini menu favoritnya semasa kecil.

Ketika disajikan dan dicicipi oleh juri, makanan tersebut dikritik. John Torode dan Gregg Wallace sebagai juri mengatakan bahwa rendang ayam buatan Zaleha tidak crispy!

Pendapat ini langsung jadi polemik, khususnya bagi orang-orang di negara yang menjadikan rendang sebagai makanan sehari-hari seperti Malaysia dan Indonesia.

Hampir semua mention yang masuk untuk John Torode dan Gregg Wallace, menyayangkan pendapat yang tidak tepat soal rendang tersebut.

Zaleha pun terpaksa mengakhiri perjalanannya dalam kontes ini. Namun lewat unggahannya di Instagram, dirinya menegaskan untuk tetap berpegang pada pakem memasak rendang ayam.

Bukannya meminta maaf, John malah mengunggah cuitan yang lebih aneh. Ia menganggap ayam rendang adalah masakan Indonesia. Tapi, ia menutup cuitannya dengan kata ‘namaste’, sapaan yang biasa digunakan orang India.

“Mungkin rendang itu (dari) Indonesia!! Saya suka!! Brilian betapa menarik apa yang kamu punya..Namaste,” cuit John (Tweet ini sudah dihapus oleh John).

Tweet tersebut bukannya mendamaikan suasana, malahan dianggap sebagai sebuah provokasi. Untung saja tidak banyak yang terpancing. Demi cita rasa asli rendang, kedua negara bertetangga ini bersatu “melawan” John.

Jadi, kalau kalian masuk tim rendang crispy atau rendang basah, gaesss?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.