Nonton Bumi Manusia tapi Nggak Kenal Pram dan Sastra, Ada Masalah?

Nonton Bumi Manusia tapi Nggak Kenal Pram dan Sastra, Ada Masalah?

Ilustrasi film Bumi Manusia (Falcon Pictures)

Bumi Manusia mulai hits lagi. Bukan soal polemik apakah Iqbaal Ramadhan pantas memerankan Minke atau layakkah Hanung Bramantyo menyutradarai film adaptasi novel monumental Pramoedya Ananta Toer tersebut. Persoalan itu sudah selesai.

Orang-orang yang kecewa dengan kenyataan itu cuma bisa mengelus dada. Dada sendiri ya! Ya, mau gimana lagi, mau bikin film sendiri nggak punya duit. Jadi produser sama sutradara mah bebas.

Poster film Bumi Manusia pun sudah bertebaran, dengan latar pemandangan alam dan gambar besar muka Dilan Minke yang mengenakan blangkon. Begitu juga dengan trailernya. Rencananya tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2019. Ntap!

Baca juga: Agar Kamu Nggak Kecewa-kecewa Amat, saat Nonton Film dari Sebuah Novel

Mungkin jadwal penayangan film tersebut dibikin berdekatan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Yah, walaupun banyak orang berasumsi bahwa pemilihan Iqbaal sebagai aktor utama di film ini untuk menonjolkan sisi romantisme percintaan anak muda ketimbang gambaran seorang bumiputra yang berusaha melawan kuasa penjajah.

Tetapi, asumsi itu bisa salah. Masa sih bakal ada gombalan ala badboy tapi nggak playboy? Woiii… Ini bukan lagi soal “jangan rindu, berat”, tapi soal “melawan imperialisme barat”.

Terlepas dari itu, kehadiran film yang diadaptasi dari salah satu karya sastra terhebat yang pernah ada di Indonesia ini tetap dinanti. Bukan cuma pencinta sastra, bahkan oleh orang-orang yang dengan polos bertanya, “Pram itu siapa sih?”

Baca juga: Pemikiran Pram yang ‘Jleb’ Banget untuk Anak Muda Kekinian

Lha, memang kenapa jika ada orang ingin nonton Bumi Manusia, tapi tidak tahu soal Pram atau tak pernah baca karya sastra? Ya, sah-sah aja dong! Apa iya, harus baca karya-karya Pram dulu biar nontonnya bisa kaffah?

Ini bukan soal “gue bayar kok”, bukan itu. Kita pun sering nonton film yang diadaptasi dari novel termasyhur, meski tak pernah baca novelnya. Apakah para penonton film Harry Potter sudah baca novel karya JK Rowling tentang petualangan penyihir remaja tersebut? JK Rowling itu siapa sih?

Film dan buku tentu berbeda. Sebagai bentuk karya, masing-masing punya struktur dan kekhasan. Yang satu bentuknya layar, yang satu lagi kertas. Nggak deng. Maksudnya, film hasil adaptasi buku tak akan sama persis dengan versi bukunya. Jadi, ini semacam pilihan.

Baca juga: Ada Pemikiran Besar dalam Lirik Lagu Via Vallen, dari Camus Hingga Sartre

Para penggemar serial film Game of Thrones asyik-asyik saja, walaupun nggak tahu apa-apa soal George RR Martin. Tapi, bagaimana kalau setelah nonton serial terlaris itu muncul minat untuk membaca bukunya?

Begitu juga dengan anak-anak remaja penggemar film Dilan, yang sebagian jadi tertarik untuk baca novelnya. Bukan sekadar cari contekan kutipan buat modus-modusan. Gitu kan?

Sama halnya dengan film Bumi Manusia. Kalau ada yang minat baca novelnya setelah nonton filmnya, dan ingin mengenal lebih jauh sosok Pram beserta karya-karyanya yang lain, itu lebih bagus. Masa kamu cuma kenal Tere Liye, Fiersa Besari, dan Boy Candra?

Artikel populer: Delapan Buku Fiksi Wajib Baca sebelum Usia 30

Lagipula, film Bumi Manusia itu dibesut oleh Hanung, bukan Pram. Nggak kenal Hanung pun juga nggak masalah. Nonton film kok urusannya mesti ini-itu. Yang jadi masalah kalau nonton niatnya untuk membajak film. Dan, yang bikin miris, ngaku kenal Pram dan paling tahu sastra, tapi nonton filmnya nunggu download gratis dari situs-situs ilegal.

Jadi, bagi kamu yang ingin nonton Bumi Manusia atau sekalian nonton film Perburuan – kebetulan tanggal rilisnya barengan dan adaptasi dari novel Pram juga – dibawa chill aja… Begitu juga dengan kamu yang nyastra banget dan merasa kaffah memahami Pram dan novelnya.

Yang penting, kalau lagi nonton, jangan suka buka-buka HP, yha… yha… yha… Nonton sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.