Merdeka dalam Memaknai Kemerdekaan

Merdeka dalam Memaknai Kemerdekaan

Ilustrasi (Dio Hasbi Saniskoro via Pexels)

Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang penuh makna bagi kita. Bagaimana tidak, kita memperingati hari kemerdekaan. Merdeka dari penjajahan, berdaulat sebagai negara yang bebas menentukan arah kemajuannya sendiri. Tsedaapp…

Tahun ini, usia kemerdekaan kita memasuki usia ke-73. Ada dua tema yang diusung, yaitu “Energi” dan “Kerja”. Hal itu tertulis dalam penjelasan mengenai logo perayaan kemerdekaan yang dibuat oleh Sekretariat Negara.

Dalam penjelasannya, logo 73 tahun kemerdekaan RI terinspirasi dari kata “Kerja” yang berarti adanya pergerakan/aktif dan kata “Energi” yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja.

Tujuh puluh tiga tahun kita hidup sebagai negara yang berdaulat. Beragam cobaan dan halangan selalu datang dan pergi sesuka hatimu, eh dalam perjalanan bangsa ini.

Maka, sudah selayaknya kita bersyukur bahwa hingga hari ini segala cobaan itu bisa kita hadapi. Tujuh puluh tiga tahun bukanlah waktu yang sebentar. Sudah beratus-ratus purnama, Rangga.

Di Istana Negara, HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia kembali dimeriahkan dengan sejumlah penampilan yang berbeda. Presiden Jokowi dan para pengawalnya mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Sejak peringatan kemerdekaan tahun lalu, Jokowi memang sudah menggagas penggunaan pakaian daerah bagi para tamu undangan peringatan HUT RI sebagai bentuk apresiasi untuk keberagaman budaya Nusantara.

Baca juga: Tafsir Bebas Lomba Tujuh Belasan, Mana yang Paling Satire?

Sebelum memasuki tempat upacara, Jokowi dan Bu Iriana sempat berswafoto. Dalam foto yang tersebar luas, terlihat Bu Iriana tersenyum sambil memegang telepon genggam. Sementara Jokowi yang berada di sebelahnya juga tampak memandang kamera telepon genggam sambil tersenyum.

Dan, ada saja netizen yang baper setelah melihat foto ini. Duh…

Kembali ke makna 73 tahun kemerdekaan. Setiap warga negara Indonesia sebenarnya berhak dan bebas untuk menafsirkannya sendiri-sendiri. Sebab, arti dari kemerdekaan itu sendiri adalah kebebasan. Makna merdeka harus senantiasa dikontestasi dan direkonstruksi.

Artikel populer: Menjawab Keluhan Orang Asing tentang Bahasa Indonesia

Bagi para pejuang dan orang-orang yang hidup pada masa memperjuangkan kemerdekaan, makna dari kemerdekaan adalah lepasnya cengkeraman bumi Indonesia dari para penjajah.

Namun, saat ini, mungkin sudah sedikit generasi yang merasakan secara langsung makna kemerdekaan seperti itu.

Generasi sekarang mungkin tidak memandang makna kemerdekaan sama dengan generasi sebelumnya. Tapi bukan berarti generasi sekarang tidak dapat memaknai kemerdekaan yang hakiki. Kalau kalian berpikir begitu, itu salah besar.

Meskipun bukan menghadapi ‘musuh’ yang sama, setiap generasi punya perjuangannya sendiri dalam memaknai kemerdekaan ini.

Jadi, apa makna kemerdekaan buat kamu?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.