Membayangkan Reuni Dewa 19 Tanpa Ahmad Dhani pada Tanggal Cantik 0202

Membayangkan Reuni Dewa 19 Tanpa Ahmad Dhani pada Tanggal Cantik 0202

Ilustrasi (Free-Photos via Pixabay)

“Menjatuhkan pidana penjara kepada saudara Ahmad Dhani dengan hukuman selama satu tahun enam bulan.” Kira-kira begitulah putusan majelis hakim yang membuat Ahmad Dhani harus meringkuk di hotel prodeo terkait kasus ujaran kebencian.

Sebagai penggemar lagu-lagu Dewa, tentu saya terkejut. Itu artinya, Ahmad Dhani tak bisa ikut dalam konser bertajuk Dewa 19 feat Ari Lasso & Once Mekel Reunion Live in Malaysia pada 2 Februari 2019.

Padahal ya, itu tanggal cantik 02-02. Entah kebetulan atau tidak, sangat mirip dengan nomor urut pasangan Prabowo-Sandiaga (02). Kok bisa ya? Tentunya, Dhani juga sudah jauh-jauh hari menyiapkan segala sesuatunya agar bisa tampil memukau di reuni alumni tersebut, eh konser.

Tapi, apa pun kondisinya, konser reuni Dewa 19 akan tetap berlangsung, seperti yang diungkapkan sang promotor. Jika demikian, untuk pertama kalinya Dewa 19 akan menggelar konser tanpa kehadiran Ahmad Dhani. Yah, meski nanti saya nontonnya di YouTube, hehehe.

Sebelum itu, coba bayangkan apa jadinya konser reuni Dewa 19 tanpa Ahmad Dhani, apakah tetap menarik?

Baca juga: Mari Buktikan Siapa Sebetulnya yang Menang, TV atau YouTube?

1. Dewa jadi Ewa

Ahmad Dhani adalah ruh sekaligus jiwa dalam alunan nada dan lirik lagu-lagu grup musik tersebut, bahkan untuk nama Dewa 19 itu sendiri.

Tanpa Dhani, grup musik legendaris itu seolah bukan Dewa, melainkan Ewa. Kenapa begitu? Sebab, Dewa adalah singkatan dari Dhani, Erwin, Wawan, dan Andra. Dulu, mereka bersepakat untuk main musik bareng. Angka 19 di belakangnya konon saat itu rata-rata usia mereka 19 tahun.

Dewa 19 sendiri sudah dibubarkan pada 2011, dengan formasi terakhir: Dhani, Andra, Once, Yuke, dan Agung. Meski demikian, Dewa tanpa 19 tetap eksis, bahkan Judika sempat didaulat menjadi vokalis.

Jadi, selama ada Dhani, show must go on. Tanpa Dhani? Show must go on juga, hehehe. Lagipula, Dhani kan dihukum satu tahun enam bulan. Setelah itu, dia bisa eksis lagi. Sebagai politikus?

Baca juga: Bagaimana Seharusnya Melihat Konflik Jerinx SID dan Via Vallen

2. Nyanyi jarak jauh

Andra, sang gitaris, mengaku bahwa konser reuni tak akan sama tanpa kehadiran Ahmad Dhani, seperti ia tuangkan dalam unggahannya di Instagram. Andra akan membuat tribute khusus untuk Ahmad Dhani dalam konser reuni.

Saran saya, kalau bisa tribute tersebut juga menampilkan Ahmad Dhani yang bernyanyi dari jarak jauh. Ingat, setelah album Bintang Lima, Dhani itu lebih banyak bernyanyi. Mulai dari lagu “Kasidah Cinta” hingga “Laskar Cinta”.

Yah, daripada berujar kebencian kan lebih baik banyak-banyak menyanyi. Sebab, lagu bisa menjadi medium ujaran kebahagiaan. Jadi, plis, kasih kesempatan Ahmad Dhani untuk bernyanyi melalui video call atau teleconference. Itu kalau boleh sih?

Waktu itu juga ada tokoh ormas yang teleconference dari Mekkah, karena tidak bisa hadir di acara reuni di Monas, Jakarta. Iya sih, beliau tidak di penjara, beda dengan Ahmad Dhani. Beliau tinggal di rumah, tenteram bersama keluarganya.

Baca juga: Bagusan Film Ahok atau Hanum & Rangga, ya?

3. Tribute to Ahmad Dhani

Kata reunion di acara konser nanti sebetulnya kurang pas tanpa kehadiran Ahmad Dhani. Tapi, mau gimana, nasi sudah jadi bubur. Diaduk lagi.

Baiklah, bagaimana kalau sekalian saja konsep acara tersebut diganti total menjadi Tribute to Ahmad Dhani, bukan Dewa 19 feat Ari Lasso & Once Mekel Reunion Live in Malaysia? Toh, Andra juga punya keinginan membuat tribute khusus di acara itu untuk Ahmad Dhani.

Lantas, bagaimana cara mengusulkannya? Gampang, bikin polling di media sosial dengan pertanyaan, “Bagaimana pendapatmu jika konser reuni Dewa 19 diganti dengan Tribute to Ahmad Dhani?” Sertakan satu pilihan saja, yakni setuju. Jangan ada pilihan tidak setuju.

Mengapa demikian? Sebab hasilnya bakal setuju, karena ada tujuh juta massa yang siap milih. Apalagi, banyak akun yang begitu aktif di media sosial. Tak ada polling yang tak diramaikan oleh mereka.

Artikel populer: Obrolan dengan Ukhti-ukhti Penikmat Musik Punk

Jangan lupa, bikin tagar #AksiBelaAhmadDhani0202. Pasti bakal trending topic, sebab kita memang jagonya bikin trending. Kita boleh urutan 61 dari 62 negara untuk urusan literasi. Tapi, maaf sekadar mengingatkan, untuk urusan bikin trending, kita nomor satu!

Lha, ini mau konser atau aksi bela-belaan?

4. Lagu dari balik jeruji

Saya pun membayangkan sebagian panggung konser dibuat semacam teater tembok jeruji. Jadi, para mantan personel Dewa 19 seperti bernyanyi dari balik jeruji untuk menghormati Ahmad Dhani. Wow, ini kesannya rebel banget. Gilakk.

Bisa dimulai dengan lagu “Hidup Adalah Perjuangan” hingga lagu “Restoe Bumi”. Kalau perlu, Ahmad Dhani bikin lagu khusus. Jangan kalah sama Ahok lah, eh BTP, sewaktu di penjara film A Man Called Ahok laris manis. Tembus 1,4 juta. Kalau lagu Ahmad Dhani pasti bisa tembus tujuh juta viewers. Sungguh, ini peluang bisnis!

Tapi, apakah itu mungkin terjadi? Maaf, ini sekadar membayangkan, kebetulan lagi denger salah satu lagu Dewa 19 yang favorit banget. “… Kita semestinya… Satu hati…”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.