Ilustrasi (Photo by Daria Shevtsova from Pexels)

Ketika wabah Corona melanda, ada yang memanfaatkan keadaan dengan menimbun masker dan menjualnya dengan harga selangit. Namun, ada juga yang berbaik hati bagi-bagi masker ke driver ojol dan pekerja lapangan yang rentan terpapar virus.

Sementara itu, ada orang yang panic buying stok makanan selama swakarantina di rumah, tapi ada pula yang belanja untuk disalurkan kepada sesama yang membutuhkan.

Pandemi Covid-19 ini setidaknya menunjukkan watak asli seseorang. Tak terkecuali para pejabat negeri ini. Semisal, para menteri yang belakangan ini menjadi sorotan. Mereka unjuk kebolehan masing-masing dalam menghadapi pandemi. Rakyat malah jadi bingung bin heran.

Padahal, seorang menteri adalah mitra bagi menteri lainnya yang membantu presiden dalam menjalankan pemerintahan. Sikap dan kerja para menteri ini tentu mempengaruhi keharmonisan dalam kabinet, serta hubungan antara pemerintah dan rakyat.

Nah, bicara soal hubungan, cara kerja para menteri menghadapi pandemi ini mirip dengan berbagai macam karakter pacar dalam menghadapi masalah asmara. Yuk disimak!

Baca juga: ‘Love in the Time of Corona’ Bukan Sekadar Urusan Asmara

Menteri Kesehatan – Terawan Agus Putranto

Sejak isu Corona merebak, Menkes Terawan lebih sering menggampangkan. Alasannya, banyak yang sembuh sendiri dari infeksi virus tersebut. Angka kematiannya pun kecil. Padahal, sekecil-kecilnya angka kematian, tetaplah nyawa manusia juga. Yang sepatutnya diperjuangkan.

Ketika tiga pasien positif Corona pertama dinyatakan sembuh, Menkes mengadakan acara syukuran sekaligus mengangkat tiga penyintas tersebut sebagai Duta Imunitas. Namun, saat kasus positif Corona menanjak, beliau seperti ditelan bumi. Padahal, sosoknya sangat dibutuhkan saat ini.

Dalam hubungan asmara, cara kerja Menkes Terawan mirip pacar yang suka merayakan pencapaian yang kurang penting. Misalnya, merayakan anniversary hubungan, tapi seminggu sekali. Namun, dia bisa menjadi sosok yang apresiatif dan suka kasih kado. Kadonya bisa berupa jamu. Jamu kuat. Agar kuat menjalani hubungan asmara dengannya.

Namun, ketika ada masalah, dia selalu menyepelekan. Prinsipnya, masalah bukanlah masalah selama tidak dianggap masalah. Ditambah, dia bakalan ghosting saat kamu kangen.

Baca juga: Yang Paling Berbahaya dari ‘Ghosting’, Bukan Cuma Kisah Horor dalam Percintaan

Menteri BUMN – Erick Thohir

Sebagai orang yang pegang kendali di BUMN, Erick Thohir memanfaatkan kekuasaannya dengan baik. Beliau menyulap hotel-hotel milik BUMN menjadi RS khusus Corona, lalu mendatangkan alat tes, obat, dan tenaga relawan untuk perang melawan virus Corona. Sebenarnya, beliau pegang Kementerian BUMN atau Kementerian Sihir ala Harry Potter?

Sebelum memerangi wabah Corona, beliau memang patut diacungi jempol untuk keefektifannya dalam menangani masalah. Contohnya, memerangi ketidakberesan di tubuh Garuda Indonesia yang punya cucu perusahaan bernama Tauberes. Dengan cara mencopot direksi yang sudah misdirection.

Jika dianalogikan dalam hubungan percintaan, cara kerja Erick Thohir ini mirip dengan pacar idaman. Ketika kamu punya masalah, ia punya solusinya. Sebab, selain kaya, ia loyal dan royal. Namun, sekali saja kamu menyeleweng, dia bakal menyulapmu menjadi jomblo alias memecat kamu sebagai pacarnya.

Menteri Hukum dan HAM – Yasonna Laoly

Dalam isolasi mandiri, warga sipil seolah-olah dipenjara oleh keadaan karena tidak bisa leluasa jalan-jalan ke luar, mesti di rumah aja. Eh, Yasonna Laoly selaku Menkumham justru ingin membebaskan para napi dari penjara. Dengan alasan kelebihan kapasitas di tengah pandemi.

Baca juga: Kangen Pacar Mau Kencan, tapi ‘Physical Distancing’, Gimana?

Tentu saja rencana pemerintah ini dikritisi rakyat. Rakyat saja mengisolasi diri, masa napi yang sudah diisolasi malah dibebaskan lebih cepat? Terutama, napi koruptor yang di sel lapas saja sebenarnya sudah nyaman dan menerapkan physical distancing. Tidak seperti maling ayam yang desak-desakan di balik jeruji besi.

Namun, bukan Yasonna Laoly namanya kalau tidak bisa membalikkan keadaan. Beliau menyatakan bahwa hanya orang tumpul kemanusiaannya yang tak terima napi bebas. Tapi, Pak…

Nah, dalam hubungan asmara, cara kerja Yasonna Laoly mirip dengan pacar yang tricky. Ketika kamu memberikan kritik membangun padanya untuk hubungan yang lebih sehat, dia bisa mengatakan kamu tidak terima dia apa adanya karena komplain melulu. Alih-alih bantu menyelesaikan, dia justru menambah masalah baru. Mungkin biar seru.

Menko Kemaritiman dan Investasi – Luhut Binsar Panjaitan

Setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Corona, Luhut yang menggantikan untuk sementara. Beliau memang fungsional dan serba bisa. Tak heran, netizen menyebutnya sebagai Menteri Segala Urusan atau Lord Luhut.

Artikel populer: Membayangkan Sinetron Azab Hingga AADC Berlatar Pandemi Corona

Ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memohon karantina wilayah kepada pemerintah pusat, Luhut yang menentukan. Kurang tepat jika kita menyebut Luhut adalah menterinya Jokowi. Yang benar adalah Jokowi yang presidennya Luhut. Oke, sama saja.

Dalam hubungan percintaan, cara kerja Luhut ini mirip dengan pacar yang serbaguna alias bisa merangkap berbagai peran. Sebagai teman, rekan kerja, kakak, bahkan orang tua, dia bisaaa. Enak, kan? Bayangkan, murid lain yang ngambilin rapor harus bapaknya, sementara kamu boleh sama pacar.

Intinya, dia jadi sosok yang solutif untuk masalah kekosongan dalam hidup kamu. Risikonya, dalam berbagai kesempatan, kamu harus melihat dia lagi, dia lagi. Dia melulu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini