Foto: Tante Ernie, Nessie Judge, dan Reza Arap. (Instagram)

Tak bisa dimungkiri, memang masih ada influencer atau seleb media sosial yang menganggap pandemi Covid-19 sebagai konspirasi belaka. Lantas, terang-terangan tidak mau pakai masker di tempat umum. Sudah begitu, kenekatannya itu diabadikan dalam bentuk foto untuk diunggah di media sosial.

Yang mengejutkan, pegiat media sosial yang sama tertangkap polisi karena kedapatan menjual surat swab PCR palsu. Tidak percaya protokol kesehatan, tetapi mencurangi sistem untuk mengambil untung dari protokol kesehatan itu sendiri.

Meski demikian, influencer tetap dibutuhkan untuk mengedukasi warganet. Tapi influencer mesti mengedukasi diri sendiri dulu. Mentang-mentang sudah divaksin, bukan berarti bisa kongkow atau party tipis-tipis tanpa protokol kesehatan.

Istana negara bahkan sampai harus menyiarkan live streaming Presiden Jokowi disuntik vaksin untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman. Selanjutnya, para influencer tetap harus dilibatkan dalam program sosialisasi.

Nantinya para selebgram, youtuber, dan tiktoker kompak siarkan live streaming saat mereka disuntik vaksin. Ini bisa menjadi tren baru seperti halnya bersepeda dan memelihara ikan cupang. Rakyat bisa tergerak untuk ikut disuntik dengan vaksin yang sama.

Baca juga: Setelah Vaksinasi, Apakah Virus Corona akan Hilang dengan Cepat?

Namun, influencer yang bakal dapat job nge-buzz itu mesti benar-benar diseleksi. Tak perlu gandeng artis yang pernah iseng nge-swab sambal cireng – yang hasilnya positif. Nanti kalau diminta vaksinasi, yang disuntik bukan orangnya, tapi cirengnya.

Terbayang jika para seleb dunia maya membuat siaran langsung di akun medsos masing-masing ketika disuntik vaksin, mungkin jadinya seperti ini…

Tante Ernie

Tante Ernie sudah dikenal sebagai pemersatu bangsa. Jika mendapat mandat dari pemerintah, beliau bisa saja menyatukan rakyat untuk satu suara: berani disuntik vaksin.

Yang biasanya Tante Ernie mempromosikan produk ‘kecantikan’, jadi merambah ke kampanye jaga kesehatan. Nanti Tante Ernie bisa mengedukasi pengikutnya. “Hai, teman-teman. Aku mau kasih tahu nih rahasia tetap sehat dan bugar di masa pandemi. Yaitu, disuntik vaksin.”

Sebagai selebgram, Tante Ernie dapat membuat dokumentasi aktivitas sehari-hari terlihat aesthetic dan disukai jutaan fans. Dengan angle yang pas, plester bekas suntik pun bisa tampak instagramable. Dengan begitu, orang-orang jadi pengen ikut pamer hal serupa.

Baca juga: Kiat-kiat dari Alice in Borderland untuk Bertahan Hidup Selama Pandemi

Reza Arap

Sewaktu membuat reaction Youtube Rewind 2020, Reza Arap hanya menonton dan diam seribu bahasa. Berbeda dengan dulu ketika masih jadi youtuber gaming ugal-ugalan. Setiap main game Cat Mario, Arap biasanya mengumpat sembari mengabsen 13 kata terlarang versi bajak laut.

Video reaction Reza Arap trending di Youtube, padahal isinya cuma diam nonton video. Namun, bagian mengharukannya adalah di akhir video, pertahanan Arap akhirnya jebol. Ia menangis saat menyaksikan kilasan video Youtube dari masa lalu yang penuh kenangan indah. Bagaimana pun, kita semua telah tumbuh bersama Youtube selama setengah dekade terakhir.

Seandainya Reza Arap membuat siaran langsung dirinya divaksin, mungkin dia akan diam saja. Tidak ada umpatan sedikit pun. Namun, di akhir siaran, dia akan menangis. Bagaimana pun, kita semua berusaha bertahan di tengah pandemi selama berbulan-bulan. Vaksinasi setidaknya menjadi satu langkah ke depan.

Ridwannss

Di Tik Tok, pamer adalah gaya hidup. Sebab kalau tidak pamer, tidak muncul di FYP (for your page) dan menuai jutaan views.

Baca juga: Membayangkan Sinetron Azab Hingga AADC Berlatar Pandemi Corona

Sementara borjuis Tik Tok pamer baru beli mobil Tesla pagi buta, Ridwannss cukup pamer tato ala Young Lex dengan latar musik suara bindeng, “Ganteng doang, jemput cewek depan gang.”

Jargon tersebut pun viral. Yang mana bisa dimodifikasi untuk jargon pro vaksinasi. Kalau Ridwannss disuntik vaksin dan disiarkan langsung, ia bisa berseru secara provokatif, “Ganteng doang, disuntik vaksin malah lari ke depan gang.”

Nessie Judge

Salah satu alasan mengapa Nessie Judge bisa memiliki banyak pelanggan di kanal Youtube miliknya adalah segmen #NERROR. Sebuah seri video dimana Nessie membahas hal-hal menyeramkan dari seluruh dunia. Sebelum menuturkan teori konspirasi dan segala misterinya, Nessie biasanya memperingatkan penonton dengan berkata, “Stop senyum-senyum, cause shit’s about to go… down.”

Akan menarik jika Nessie melakukan siaran langsung sedang divaksin. Mungkin sebelum disuntik, dia juga bakal bilang, “Stop senyum-senyum.” Nessie pun tidak akan kabur dari jarum suntik, karena sudah pakai kaos bertulisan “BUKAN PENAKUT”.

Dengan merapatnya Nessie di barisan pro vaksinasi, berarti teori konspirasi tentang vaksin yang dapat ubah manusia jadi buaya pun dapat terbantahkan. Wong, pakar teori konspirasi saja mau divaksin.

Artikel populer: Menebak Cara Najwa Shihab, Awkarin, dan Kekeyi jika Ikutan Main Among Us

Kekeyi

Bisa dibilang seorang Kekeyi adalah figur yang mendukung geliat UMKM secara nyata. Dengan lagu berjudul “Queen Pentol”, Kekeyi mempromosikan jajanan pentol. Sebelumnya, Kekeyi juga sering mukbang pentol dan mengulasnya ala pemerhati kuliner.

Lirik lagu “Queen Pentol” menyebutkan, “Kukuat karena makan pentol.” Itulah rahasia dirinya bertahan dari gempuran jempol pelaku cyberbullying. Jadi, divaksin pun Kekeyi tidak takut. Dia berani disuntik asalkan sudah makan pentol sebelumnya.

Pernah suatu kali, Kekeyi makan pentol isi telor puyuh. Sewaktu digigit, telur puyuhnya loncat. Tetapi Kekeyi malah review, “Pentolnya itu enak, kerasa puyuhnya juga.” Padahal, telor puyuhnya nggak kemakan.

Mungkin kalau divaksin dan disiarkan, Kekeyi bakalan review Sinovac, “Vaksinnya itu enak, kerasa jarum suntiknya juga.” Padahal, saat itu petugasnya belum mulai menyuntik.

Setelah itu, Kekeyi bernyanyi, “Pentol ayam Vaksinasi bikin tenteram.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini