Inilah yang Terjadi Kalau Bumblebee dan Transformer Lainnya Turun di Indonesia

Inilah yang Terjadi Kalau Bumblebee dan Transformer Lainnya Turun di Indonesia

Ilustrasi Bumblebee (Paramount Pictures)

Bumblebee adalah sosok robot transformer dari Planet Cybertron. Bee bisa menyerupai kendaraan, khususnya mobil, asalkan warnanya kuning. Ia pernah berubah wujud menjadi mobil Chevrolet Camaro Z28 keluaran 1997. Sebelumnya juga pernah menjadi mobil VW.

Enaknya punya Bumblebee, dia bisa berubah jadi mobil apa pun. Punya satu Bumblebee saja, serasa kolektor yang punya banyak mobil beda-beda. Tinggal suruh dia berubah wujud setiap hari saja. Kita seolah punya dealer pribadi di garasi sendiri.

Dalam film pertama Transformers, Bumblebee pernah membantu seorang pelajar culun bernama Sam Witwicky (Shia LaBeouf) untuk bisa menggaet cewek populer sekelas Megan Fox. Perfect life!

Sam mendapatkan mobil pertamanya dengan harga murah sebesar US$ 4.000. Nah, di spin-off Bumblebee, bahkan bisa didapatkan secara gratis sebagai hadiah ulang tahun.

Pada hari ulang tahun ke-18, Charlie Watson mendapatkan mobil pertamanya berupa Volkswagen Beetle warna kuning yang tak lain adalah jelmaan Bumblebee, si robot setengah siluman lebah.

Awalnya, mobil tua bangka tersebut terlihat menyedihkan ketika berjalan. Tampak tidak aman dikendarai. Dengan bodinya yang karatan, pejalan kaki yang tak sengaja kena serempet bisa terinfeksi tetanus.

Baca juga: Seandainya Para Putri Disney Menanti Pangeran di Indonesia

Di luar dugaan, Beetle tersebut memenuhi segala keinginan Charlie. Ketika Bee menampilkan wujud aslinya, Charlie langsung jatuh hati, alih-alih ngacir kayak Petruk lihat dedemit. Bee bisa jadi teman baik yang setia mendengarkan curhat majikannya. Bee juga kooperatif dan bisa diajak latihan ketangkasan seperti anjing penurut.

Setelah sistem audionya diperbaiki, Bee bahkan bisa membalas lawan bicaranya dengan memanipulasi siaran radio. Bee ngobrol dengan orang pakai penggalan lagu.

Misal, Charlie nanya ke Bee, “Ujan-ujan begini, enaknya makan apa nih?”

Bee bakalan muter-muter radio, lalu menemukan lagu Punxgoaran yang di-cover Nella Kharisma: “Makan daging kambing dengan sayur kol.”

Charlie malah curhat, “Sekarang harga daging mahal. Jangankan daging, tempe aja udah tipis-tipis. Gaji kerja paruh waktu saya kecil. Terus cari kerjaan lain udah susah. Untung, kamu aslinya robot dari golongan Autobots. Coba kalau kamu mobil beneran, saya bisa-bisa harus rebutan makan sama tangki bensin kamu. Sekarang kan harga BBM naik terus. Entah saya harus gimana.”

Bee menjawab dengan memutar lagu Sang Alang feat Ahmad Dhani: “Dua ribu sembilan belas ganti presiden!”

“Serius nih? Dari sekian banyak lagu Ahmad Dhani yang bagus, kamu pilih lagu itu?” Charlie tepuk jidat.

Bee diam, lalu terdengar intro lagu Nissa Sabyan, “Hmmmm. Hmmmm. Hmmmmmmmm.”

Baca juga: 4 Tokoh Selain Thanos yang Bisa Digunakan Jokowi dalam Pidatonya

Seandainya Bumblebee dan transformer lainnya turun ke Indonesia, negara bisa menghemat APBN besar-besaran. Tak perlu ganti presiden, tak perlu cabut subsidi BBM, malah tidak perlu BBM. Sebab, transformer memang tidak butuh BBM.

Menteri luar negeri hanya perlu menandatangani Deklarasi Cybertron yang isinya tentang kesepakatan kerja sama antara manusia dan transformer. Transformer boleh tinggal di bumi, tapi sebagai gantinya harus mau jadi kendaraan peliharaan.

Jika mobil-mobil di dunia ini diganti dengan transformer, umat manusia tidak perlu khawatir dengan kelangkaan minyak. Selain itu, transformer punya kelebihan lain, yaitu bisa jalan sendiri. Kita nggak perlu jago nyetir dan mahir parkir paralel. Cukup mempercayakan keselamatan kita kepada Bumblebee sampai tujuan.

Kita tinggal membangun chemistry dengan gebetan dalam mobil. Bee akan bantu menambah kesan romantis dengan memutar lagu yang cocok.

Di setiap waralaba film Transformers, kita selalu disuguhi peperangan antar robot beda ras. Namun, agenda perang antara Autobots dan Decepticons tidak akan terjadi, jika mereka memilih Indonesia sebagai arena. Sebab pengendara motor dan mobil di Indonesia itu galak-galak.

Baca juga: Mengungkap Sisi Lain Venom yang Terhubung Langsung dengan Kita

Fenomena tersebut bisa dilihat di sekitar lampu lalu lintas sewaktu warna merah. Lampu belum ijo, udah ribut, kompak bunyiin klakson telolet-telolet.

Yang ada, sewaktu Megatron dan Optimus Prime adu jotos di tengah jalan, diklaksonin sampai bising, terus dimaki-maki sopir angkot, “Woy, minggir! Ngalangin jalan aja lu pada! Nggak tau apa orang kejar setoran?!”

Kemudian, Megatron dan Optimus Prime berhenti berantem, malah nunduk-nunduk ketakutan kayak anak kecil diomeli emaknya.

“Baikan lo berdua! Satu spesies, jangan berantem! Bikin malu aja! Lihat tuh gedung-gedung pada ancur gara-gara ulah kalian berdua!” hardik sopir angkot lagi.

Megatron dan Optimus Prime pun baikan dengan cara mengaitkan jari kelingking. Terus salim ke sopir angkot, lalu pulang ke kampung halamannya.

Di tengah jalan, Optimus Prime curhat, “Galak ya si Bapak.”

“Iya ih. Galak. Saya aja jadi takut,” sahut Megatron yang masih gemetaran disemprot sopir angkot.

Sejatinya, Bumi memang sudah jadi medan perang para industrialis otomotif. Avanza vs Xpander. Honda vs Yamaha. Supra vs sepeda family. Kalau lihat panasnya persaingan dagang dunia otomotif di Indonesia, Autobots sama Decepticons pasti minder mau numpang berantem di sini.

Artikel populer: Beberapa Bagian Penting dari ‘Crazy Rich Asians’ yang Perlu Dicermati

Nah, jika Bumblebee mendarat di Indonesia, lalu memindai mobil-mobil di jalanan untuk dicontek, dengan catatan harus cari warna kuning, maka dia akan menjelma menjadi mobil ambulans Golkar. Logo Autobots berbentuk kepala robot bakalan diganti pakai pohon beringin.

Sebagai perlawanan, Megatron dan teman-temannya pun ikut terjun ke dunia politik, di kubu koalisi sebelah. Mereka akhirnya berperang dengan cara purba.

Namun, sebelum itu, transformer harus punya pertahanan diri dari para begal dan maling besi. Jangan sampai sewaktu enak-enakan tidur, onderdil para transformer diam-diam dipreteli oknum yang sudah pengalaman nyolong besi rel kereta.

Besoknya, bisa-bisa Bumblebee bangun dengan satu tangan raib, kaki Optimus Prime hilang sebelah, dan Megatron malah kepalanya copot entah kemana. Ternyata bagian tubuh mereka dikiloin di tukang loak, ditukar pakai bawang dan kerupuk.

Hadeuhh…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.