Ilustrasi youtube. (Photo by Leon Bublitz on Unsplash)

Dulu, anggapan tentang tokoh publik adalah seseorang yang dikenal atas ilmu, karya, dedikasi, ataupun kontribusi sosialnya di masyarakat. Tapi, kini tokoh publik juga berarti seorang yang punya banyak followers dan subscribers. Daya pengaruh seseorang ditentukan dari gelar, pangkat, dan jabatannya itu pun lawas. Kini, daya pengaruh seseorang ditentukan oleh engagement rate-nya.

Mungkin itu juga menjadi dasar pemikiran mengapa pernikahan Atta Halilintar-Aurel Hermansyah (AH-AH) dihadiri oleh presiden Republik Indonesia. Ya, karena mereka adalah tokoh publik dengan daya pengaruh cukup besar. Jika FPI yang pengikutnya tidak mencapai 20 juta mampu mengubah peta politik Pilkada Jakarta, kenapa Atta yang jumlah subscribers-nya 27 juta itu tidak?

Awalnya, saya menganggap pasangan AH-AH seperti dua sejoli pada umumnya yang kasmaran dan ingin memperjuangkan kesejahteraan hidup mereka beserta keturunannya kelak. Lantas, apa yang bikin AH-AH begitu spesial hingga akad kawinnya dan harus disaksikan jutaan masyarakat Indonesia di kanal publik milik swasta serta dihadiri presiden?

Baca juga: Yakin nih Suara Suami dari Tuhan? Kok Nggak Adil?

Setelah berhari-hari ngemil kuwaci, saya sadar apa yang spesial dari pasangan itu. Tentu karena keduanya youtuber, yang salah satunya memiliki 27 juta subscribers. Bukan karena Aurel adalah anaknya mimi KD yang merupakan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

Dulu sempat berpikir bahwa dunia ini akan tampak serupa dan tetap tidak baik-baik saja, dengan atau tanpa adanya youtuber. Ada atau tidaknya mereka, tidak mempengaruhi angka kemiskinan struktural di negeri ini. Sebagian rakyat Indonesia tetap hidup sengsara dengan keterbatasan jaminan sosial, tetap membeli sepetak kavling dengan harga tak masuk akal, dan banyak anak muda tetap menganggur.

Tapi, ternyata salah… Kalau presiden Republik Indonesia sampai menjadi saksi kawinan seorang youtuber dengan 27 juta subscribers di tengah pandemi Covid-19, berarti Pak Presiden menganggap peran youtuber membawa perubahan untuk kemajuan bangsa. Tuan Presiden telah menyadarkan bahwa youtuber merupakan peran sosial yang penting.

Para youtuber telah menginspirasi jutaan anak muda Indonesia melalui konten-konten yang kreatif. Konten-konten mereka sangat bermanfaat untuk rakyat Indonesia, khususnya kalangan muda yang kini mendominasi jumlah angkatan tenaga kerja.

Baca juga: Strategi Agar Tidak Terkecoh Gimik Influencer

Saya pun mulai menelusuri kanal mereka untuk memperoleh inspirasi, motivasi hidup, ataupun wawasan kebangsaan. Dimulai dari youtuber dengan subscribers terbanyak.

Atta Halilintar

Masih ingat kan konten-konten terdahulunya yang menampilkan koleksi harta benda? Melalui konten itu, anak-anak muda Indonesia bertambah wawasannya tentang aneka merek dan jenis mobil sport. Jadi tahu mana lebih tinggi kastanya antara Toyota Alphard dan BMW I8 Chrome. Anak-anak muda bahkan jadi tahu kalau motif kulit buaya pada jok mobil punya kasta tertinggi, seperti yang disampaikan oleh Atta.

Dalam konten-konten ter-update Atta Halilintar belakangan ini, berisi rangkaian pernikahannya, mulai dari persiapan, akad, resepsi, hingga malam pertama dan sesi buka kado. Bayangkan, betapa bermanfaatnya konten-konten kreatif itu untuk pasangan muda Indonesia yang merencanakan pernikahan. Mereka bisa memperoleh gambaran tentang hari H pernikahan, sehingga dapat mengantisipasi rasa gugup menjelang hari H.

Pada konten “Malam Pertama Atta Aurel”, jumlah viewers-nya mencapai 5,7 juta, yang bisa jadi ada banyak penonton mendapatkan inspirasi dari pengalaman bahagia kawin muda.

Dan, tentunya masih banyak konten-konten kreatif ala Atta Halilintar yang menambah semangat, memberi motivasi, dan wawasan luas bagi anak-anak muda Indonesia. Pak Presiden mungkin telah menonton lebih dari separuh.

Baca juga: Jika Selebgram, Youtuber, dan TikToker Gelar Live Streaming Disuntik Vaksin

RANS Entertainment

Melalui konten-konten RANS Entertainment, masyarakat belajar bagaimana teknik nge-prank dan mengasah keterampilan nge-prank dari waktu ke waktu.

RANS Entertainment memberikan informasi aktual kepada masyarakat tentang kegiatan-kegiatan penting Nagita Slavina sebagai ibu dari Rafatar dan istri dari Raffi Ahmad. Segmentasi penonton kanal ini tampaknya adalah bunda-bunda yang membutuhkan informasi dan wawasan mengenai pengasuhan anak balita, juga sesekali pedoman tentang membawa barang belanjaan yang banyak.

Pada konten “Penampilan Nagita di Nikahan Atta Aurel yang Bikin Semua Orang Terpukau!!!” dan “Nagita Borong Baju Bayi Sampe Satu Mobil Penuh”, berjuta-juta orang telah menontonnya. Sungguh bikin semua orang terpukau!!!

Ria Ricis

Ria Ricis punya konten mengenai kehidupan pribadinya hingga orang-orang terdekat atau yang dikenalnya. Penting banget ini.

Perihal Lucinta Luna, misalnya, sampai tayang berturut-turut: “Detik-detik Ricis Dicium Lucinta Luna”, “Ricis Gak Berhenti Nangis Dilabrak Lucinta Luna”, dan “No Sensor! Suara Asli Lucinta Luna.. Dia Ngaku Transgender!!??”. Masing-masing konten ditonton lebih dari satu juta kali.

Orang jadi merasa lebih akrab dengan sosok Lucinta Luna, setelah disodori beberapa pertanyaan ‘savage‘ yang dibalut dengan banyolan khas Ricis.

Artikel populer: Pacar Anak Presiden dan Jejak Digital yang Kerap Dianggap sebagai Preseden

Jess No Limit

Jess No Limit memiliki 21,5 juta subscribers. Ia memulai awal kariernya sebagai youtuber gaming. Namun, belakangan ini, konten-kontennya menunjukkan bahwa ia memiliki kegiatan sehari-hari yang menakjubkan, seperti pada konten “24 Jam Makan Makanan Panas VS Dingin”, “Prank Muntah Darah ke Keluarga”, dan “Lomba Berenang Sama Jessica Jane”. Hmmm… fantastis, gais.

Itulah empat contoh youtuber dengan karakter masing-masing. Gimana? Sungguh menginspirasi dan berfaedah, bukan? Jadi, bayangkan Indonesia tanpa youtuber, akan seperti apa jadinya? Pengetahuan dan wawasan anak-anak mudanya bisa kalah jauh dari anak-anak muda di negara maju.

Saya pikir konten-konten di Youtube tadi berpengaruh terhadap prestasi anak-anak muda Indonesia saat ini. Dengan begitu, youtuber adalah tonggak masa depan bangsa. Pak Jokowi setuju?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini