‘I Love You 13.000’

‘I Love You 13.000’

Dear pembaca Voxpop Indonesia.

Tepat hari ini, 3 Agustus 2019, media alternatif ini berusia 4 tahun. Tak terasa waktu cepat berlalu. Terima kasih atas respons yang tinggi selama ini. Bagi tim redaksi, hari-hari semakin terasa padat. Dalam beberapa tahun terakhir, tim harus mengkurasi belasan artikel setiap hari, tapi yang tayang hanya satu. Tak jarang terjadi adu argumen di dalam tim.

Selama empat tahun ini, total artikel yang masuk lebih dari 13.000. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.200 artikel berhasil tayang. Sisanya sekitar 12.000 artikel dengan berat hati tidak dapat dipublikasikan. I love you all! Bahkan, acap kali tulisan tim redaksi sendiri harus ‘mengalah’.

Saya masih terbayang empat tahun lalu, ketika kami berdelapan omong-omong kosong untuk melahirkan Voxpop. Sembari menyesap kopi dan berbincang untuk menarik banyak penulis, mengambil segmentasi yang berbeda, sembari mempertahankan secuil idealisme dalam terjangan dinamika zaman.

Masih terngiang juga ketika pembaca mulai banyak, godaan investor masuk pun begitu menggoda. Sebagai seorang kapitalis, walau cuma KW3, saya tentu berpikir menarik juga kalau Voxpop mendapat investor. Tapi, yang berpikir demikian sepertinya cuma saya. Beberapa teman tampaknya enggan.

Mereka tetap mau Voxpop jadi media ‘senang-senang’. Menjadi tempat para penulis independen se-Indonesia raya, menulis hal-hal serius dengan bahasa yang membumi, wawancara figur publik yang unik, juga mengupas hal-hal kekinian sesuka hati tanpa ada tekanan. Ya nasib saya begini ini, berteman dengan orang-orang yang aura kaya rayanya suram.

Alhasil, beginilah Voxpop selama empat tahun ini. Setiap hari mengkurasi artikel, setiap hari membidik segmen yang unik. Tak dekat dengan uang, tapi orang-orangnya tetap bahagia. Sampai kapan? Entah. Sebab bahagia kita yang menciptakan dan menikmatinya sendiri. Tanpa ada batasan waktu.

Akhir kata, saya ucapkan, “Selamat Ulang Tahun, Voxpop!” Terima kasih kepada 7 teman (berdelapan dengan saya) yang tak ada letihnya bekerja demi sesuatu yang tidak menghasilkan harta dan tahta. Untuk 13.000 artikel yang sudah dikirim ke redaksi, dari lubuk hati terdalam, saya ucapkan, “I love you 13.000.”

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.