Ketawa Berjamaah di Bulan Puasa

Ketawa Berjamaah di Bulan Puasa

Ilustrasi (Matheus Ferrero via Unsplash)

Halo semua…

Teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa, bagaimana puasanya, lancar atau bolong-bolong? Sudah berapa gorden yang kalian lalui? eh…

Enggak lah ya, kalau memang sudah niat pasti dilancarkan semuanya. Termasuk ibadah puasanya.

Bicara puasa, jangan pernah menjadikan puasa sebagai alasan untuk mengurangi aktivitas. Jangan karena ada yang bilang kalau “tidurnya orang puasa itu ibadah”, kita jadinya hanya tidur saja seharian.

Gak begitu cara mainnya.

Memang sih, saat puasa kondisi tubuh jadi mudah lemas. Apalagi kalau sudah mulai masuk siang hari. Badan mulai lelah dan rasa kantuk pun melanda.

Kemudian, gara-gara ngantuk, suara adzan dzuhur disangka adzan magrib. Memang sih mirip, tapi kan magribnya masih enam jam lagi. Bisa batal puasamu.

Nah, supaya tidak gampang mengantuk saat menjalankan ibadah puasa sebenarnya ada caranya. Konsultan nutrisi yang juga seorang pemain film dan model, Rizal Alaydrus, menyarankan bentuk karbohidrat kompleks untuk konsumsi sahur. Ini berguna untuk mencegah mengantuk saat siang hari.

Terlepas dari apa saja jenis konsumsi sahur yang baik dimakan, tentu saja syarat pertamanya adalah harus bisa bangun saat jam sahur tiba. Kalau terlambat nanti jadinya bukan sahur tapi sarapan. Ya kan?

Paling enak sih kalau sahur itu ada yang bangunin. Bisa orang tua, adik, kakak, (cuma) teman, gebetan, pacar. Biasanya kalau ada yang ngebangunin, jadi lebih semangat sahurnya.

Cara lain adalah dengan memotivasi diri sendiri. Kalau kalian anak lama di Twitter, pasti tahu yang namanya ‘sawityowit’. Itu adalah tagar yang sempat bisa memotivasi netizen untuk rajin bangun sahur.

Tagar ini merupakan singkatan dari ‘Sahur with Your Twitter’. Digagas oleh tiga selebriti konyol, yakni Desta, Arie Dagienkz, dan Vincent Rompies.

Cara mainnya, kita hanya perlu melontarkan tebak-tebakan yang agak menyerempet ke plesetan, atau kalau istilah anak sekarang ‘candaan receh’.

Sayangnya, sekarang tagar sawityowit sudah enggak ada lagi. Tapi tak apa, toh kita masih bisa merecehkan twitter dengan gaya kita sendiri-sendiri.

Intinya, mari isi ibadah puasa kita dengan kesenangan belaka, termasuk dengan tertawa. Berjamaah, kalau perlu! Maka, kita terhindar dari hal-hal yang bisa mengurangi makna dan pahala berpuasa.

Jamaah oh jamaaahh…

Dengan begitu, pas adzan magrib tiba, niscaya aktivitas berbuka akan menyenangkan. Apalagi kalau buka puasanya bareng dengan orang yang pas.

Puasa memang tidak mudah, akan ada banyak godaan yang menghampiri. Godaan itu sebenarnya tergantung kepada kitanya, apakah mau ikut atau bisa melawannya.

Kan katanya di bulan puasa ini, setan-setan dikerangkeng. Itu makanya kenapa Manchester United gagal dapat trophy tahun ini. Ups….

Akhir kata, selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman. Semoga puasanya lancar dan misuh-misuhnya dikurangi. Amiiin…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.