‘Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga’ dalam Cerita Anime Naruto

‘Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga’ dalam Cerita Anime Naruto

Ilustrasi (liputan6 via screenrant)

Karena pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di Indonesia bakal kembali mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, saya jadi kepikiran Desa Konoha. Desa yang hanya ada dalam komik Naruto itu juga memiliki dua kandidat kuat untuk menjadi pemimpin mereka pada awalnya.

Pertama, Shikamaru Nara. Kedua, tentu saja, Naruto Uzumaki. Keduanya memiliki karakter yang cukup berseberangan, meski sama-sama menjadi ninja unggulan Desa Konoha.

Naruto dikenal dengan tingkahnya yang ‘milenial’ dan humoris. Sementara Shikamaru, utamanya dalam pertarungan, menunjukkan kapabilitasnya sebagai ahli taktik.

Karakter Naruto tersebut mirip-mirip figur Jokowi, sedangkan Shikamaru mirip Prabowo. Pertanyaannya, jika karakter mereka mirip-mirip, lantas bagaimana dengan tandemnya, yaitu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno? Apa iya, mirip-mirip juga dengan karakter dalam anime Jepang berjudul Naruto itu?

Wow…

Tenang dulu, silakan baca tulisan ini sampai habis. Kamu akan menemukan sesuatu yang baru, yang mencerahkan sekaligus menghibur, biar kamu nggak tegang-tegang amat menghadapi pilpres. Kuy ah…

Jokowi-Ma’ruf = NarutoJiraiya

Ada beberapa hal yang membuat karakter Jokowi mirip dengan Naruto. Mulai dari latar belakang. Perjalanan Jokowi sebagai pengusaha tak mulus, selayaknya awal kisah Naruto sebagai ninja.

Jokowi sempat gagal dalam bidang perkayuan, sementara Naruto dikenal sebagai ninja yang payah dalam awal kariernya.

Tapi, pada akhirnya, keduanya berhasil menjadi sosok yang diperhitungkan dalam dunianya masing-masing berkat kerja keras. Di dunia nyata, Jokowi menjadi Presiden Indonesia, sementara Naruto menjadi pemimpin Konoha.

Kedua, secara tingkah laku. Sebagaimana dibilang sejak awal, Jokowi dan Naruto sama-sama dikenal sebagai sosok yang ‘milenial’ nan ceria.

Dalam kunjungan kepresidenan, Jokowi kerap mengguyur audiens dengan guyonan segar. Sementara, Naruto seringkali membuat khalayak tertawa terbahak-bahak.

Di sisi lain, keduanya juga punya hobi yang terasa seperti anak muda. Beberapa kali, Jokowi datang ke konser musik-musik indie dan memodifikasi sepeda motor. Dalam beberapa episode, Naruto juga tampak suka bermain game.

Terakhir, tentu saja, keduanya sedang (atau pernah) bertandem dengan karakter yang usianya lebih tua dalam suatu misi.

Baca juga: Jawaban Penggemar Naruto soal Indonesia Rasa Konoha

Dalam Pilpres 2019, Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Sosok yang sudah berpengalaman dan aktif dalam organisasi masyarakat berbasis agama. Ma’ruf yang berusia 75 tahun itu menjadi figur yang begitu dihormati, terutama oleh kalangan santri.

Sementara, Naruto pernah menggandeng Jiraiya sebagai tandemnya dulu. Tapi, tentu saja, ada perbedaan yang perlu digarisbawahi antara Ma’ruf dan Jiraiya, karena memang tidak ada yang sama 100% di dunia ini.

Jiraiya ini dikenal cukup genit, sedangkan Ma’ruf begitu alim. Jiraiya juga sudah menyerah dan kalah di dunia ninja, meski sebenarnya bisa dibangkitkan kembali dengan menggunakan jurus Edo Tensei.

Sisanya kurang lebih sama. Jiraiya merupakan sosok yang dihormati dalam dunia ninja, karena pengalamannya yang teramat panjang. Dia juga paham luar dalam tentang kondisi Konoha, selayaknya Ma’ruf paham tentang dunia ulama dan keagamaan.

Terakhir, tentu saja, Jiraiya memiliki jurus seperti rasengan atau jurus memanggil katak yang sangat berguna dalam pertarungan. Di sisi lain, Ma’ruf juga tentu memiliki ‘jurus sakti’. Ya kalau tidak, beliau takkan menjadi cawapres. Hehe…

Prabowo-Sandi = ShikamaruChoji

Bagi ngana-ngana penggemar anime Naruto, rasanya sudah jelas mengapa karakter Shikamaru terasa mirip-mirip dengan figur Prabowo. Dahulu, Prabowo sempat berada di dunia militer. Di sana, tentulah dia terbiasa mengasah otaknya dengan ragam strategi.

Nah, begitu juga dengan Shikamaru. Di Konoha, Shikamaru terkenal sebagai juru taktik. Dari situlah, dia bisa mendapatkan rasa hormat dari kalangan orang-orang penting di Konoha. Pada akhirnya, dia selalu diberikan jabatan strategis. Semisal, menjadi penasihat Hokage, panggilan ‘presiden’ versi Desa Konoha.

Artikel populer: Sebab Menikah itu Menyempurnakan Separuh dari Gengsi Sosial

Dia bahkan sudah menunjukkan itu ketika harus melawan Naruto dalam ujian Chunnin. Melalui jurus bayangan, Shikamaru hampir saja mengalahkan Naruto.

Persis seperti Pilpres 2014 yang berlangsung sengit antara Prabowo dan Jokowi. Meski pada akhirnya, Prabowo harus mengaku kalah dari Jokowi. Begitu juga dengan Shikamaru kepada Naruto.

Namun, pada Pilpres 2019, Prabowo kembali maju dengan menggandeng Sandi sebagai cawapres. Sementara dalam cerita anime Naruto, Shikamaru rekanan dengan Choji Akimichi.

Bedanya dengan Prabowo-Sandi, Shikamaru dan Choji sudah menjadi rekanan sejak masih belia. Hobi Sandi dan Choji juga beda. Sandi suka olahraga, Choji suka banget jajan. Choji bahkan hafal di mana tempat makanan yang enak dan tidak enak di Konoha.

Meski begitu, Sandi dan Choji sesungguhnya punya banyak kemiripan. Salah satunya, humoris. Sejak terjun ke dunia politik, sudah banyak meme mengenai Sandi bertebaran di internet.

Sandi pernah mengeluarkan ‘jurus bangau terbang’ ketika kontra Ahok dalam Pilkada Jakarta 2017, dimana elektabilitas Ahok semula begitu besar. Sementara Choji memiliki ragam jurus, salah satunya, jurus membesarkan diri untuk menghadapi lawan yang berukuran lebih besar.

Dan, yang terakhir, keduanya sama-sama kaya!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.