Layangan Putus. (MD Pictures)

“Layangan Putus” adalah fenomena di internet yang meledak beberapa tahun silam. Seorang ibu rumah tangga menuliskan kisah perselingkuhan yang diklaim terinspirasi dari kisah nyata. Ceritanya sang suami hilang tanpa kabar selama beberapa hari. Sekilas mirip cerita Breaking Bad dimana Walter White menghilang sampai anak dan istrinya menyebar poster orang hilang.

Usut punya usut, sang suami pergi membawa paspor. Membuat sang istri berprasangka suaminya pergi ‘jihad’ ke Timur Tengah. Belakangan diketahui suaminya sedang berbulan madu dengan selingkuhannya di Turki. Ternyata sang istri diam-diam telah dimadu. Bukan ‘jihad’, tapi jahad.

Kini, Mommy ASF yang menuliskan kisah “Layangan Putus” mendapatkan apresiasi atas karyanya. Cerbung yang sempat diterbitkan di Facebook itu diambil menjadi bahan cerita untuk serial bertajuk Layangan Putus yang dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai Aris dan Putri Marino sebagai Kinan.

Baca juga: Setia adalah Pilihan, Selingkuh Itu Sebuah Kesadaran

Akting Reza Rahadian di serial ini sukses bikin emak-emak gemas. Sama menyebalkannya dengan perannya sebagai Budi Baik di film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Kesamaan lainnya, peran yang dimainkan Reza di sini terlibat cinta segitiga dengan pemeran Ajo Kawir, yaitu Marthino Lio sebagai dokter Andre.

Tokoh Aris dan Kinan sebagai suami istri di sini melakukan perang psikologis sebagai tukang selingkuh dan detektif dadakan. Aris memanipulasi pikiran istrinya untuk menyembunyikan fakta-fakta perselingkuhannya dengan Lydia yang dibawakan oleh Anya Geraldine. Sementara itu, Kinan mengendus perilaku Aris yang mencurigakan, termasuk mengendus pakaian suaminya yang wangi parfum tak dikenal.

Dalam episode awal saja, Kinan sudah mulai mengumpulkan bukti-bukti bahwa suaminya berselingkuh. Namun, Aris bisa membalikkan keadaan dengan menuduh Kinan yang curigaan. Ya, sifat tukang selingkuh dan sikap gaslighting memang sepaket. Biar bisa gas terus untuk main serong.

Baca juga: Cara PDKT sama Seseorang Tanpa Melecehkan

Berikut kisi-kisi pasangan berselingkuh yang didapati oleh Kinan dalam serial Layangan Putus:

Pakaian Tak Rapi dengan Aroma Mencurigakan

Suatu hari, Aris pulang dari kantor dengan kancing kemeja tidak rapi. Membuat Kinan curiga. Namun, Aris menyangkalnya dengan mengaku bahwa tadi buru-buru mengejar meeting. Masalahnya, selain kemeja berantakan, Kinan juga mendapati pakaian suaminya wangi parfum orang asing.

Skenario terburuknya, Aris ‘rapat’ dalam jarak yang sangat rapat sampai aroma parfum ‘sang mitra bisnis’ menempel di kemejanya. Lalu, Aris juga sempat menanggalkan pakaiannya. Berhubung keasyikan dan lupa waktu, Aris buru-buru pakai bajunya kembali. Sampai tak sadar kancingnya nggak rapi.

Dalam dunia pernikahan di serial itu, istri seakan-akan dituntut selihai ahli forensik yang bertugas mengecek pakaian suami. Untuk memastikan tidak ada bekas lipstik, rontokan rambut, sidik jari di area sensitif, atau malah bau pandan.

Baca juga: Fantasi sama Orang yang Bukan Pasangan, Selingkuh Nggak sih?

Pamitnya Meeting, tapi Bohong

Kepada Kinan, Aris selalu memakai alasan pamit meeting untuk menemui Lydia. Namun, ketika Kinan kroscek ke kantornya, orang kantornya bilang Aris tidak ada di kantor. Nah loh? Eh, saat dikonfrontasi, Aris bisa berkelit dengan bilang meeting-nya memang di luar kantor. Siap, bang jago!

Tukang selingkuh biasanya menjelma menjadi si paling sibuk. Ketika pasangannya meminta waktu dan perhatian, peselingkuh bisa menyalahkan pasangannya yang tidak pengertian dengan kesibukannya. Masalahnya, ini bukan sibuk kerja, tapi sibuk ngerjain orang.

Sibuk dengan Hape, tapi Susah Dihubungi

Ketika di rumah, Aris sibuk dengan hapenya. Ngakunya ngomongin tender, padahal chat dengan match di Tinder. Saat asyik berkumpul bersama keluarganya, Aris menyingkir untuk menjawab panggilan telepon urusan kantor, padahal urusan piktor alias pikiran kotor. Ia malah VCS (video call selingkuhan).

Namun, ketika berada di luar rumah, nomor hape Aris justru sulit dihubungi. Bahkan saat keadaan darurat Kinan yang hamil membutuhkan pertolongan, Aris malah alpa. Di saat Kinan berjuang menahan perih di rumah sakit, Aris malah memeras keringat di apartemen selingkuhan.

Artikel populer: Cinta Bisa Mengubah Laki-laki? Itu Hanya Dongeng

Aris menamai kontak selingkuhannya dengan nama samaran Jack Office. Ini merupakan trik kuno supaya pasangan tidak curiga. Padahal, di balik nama cowok yang seolah-olah teman kantor itu tersimpan rahasia gelap perselingkuhan.

Sewaktu di rumah sakit, Kinan sempat membuka hape Aris untuk melihat isi chat bersama Jack Office. Sayangnya, histori percakapannya sudah dihapus. Namun, tanda-tanda tersebut justru menimbulkan pertanyaan. Kalau hanya chat dengan teman kerja, kenapa harus dihapus? Memangnya bahas topik apaan? Kode nuklir? Titik lokasi Area 51?

Secara tidak langsung, istri seakan-akan dituntut menjadi agen intelijen pula. Yang telaten melacak nomor kontak mencurigakan di hape pasangan. Sebab tak ingin dikelabui dengan nama kontak semacam Jack Office, Yudi SMP, ataupun nama-nama maskulin lain yang tak kalah mencurigakan.

Tukang selingkuh emang nyusahin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini