Daripada SNSD, Lebih Baik Undang Moranbong Band

Daripada SNSD, Lebih Baik Undang Moranbong Band

SNSD (analisadaily.com)

Biasanya, pada awal bulan, kita kerap menjumpai postingan semacam “Welcome (nama bulan), be nice yhaw” atau “Halo bulan kelahiranku” dan sebagainya. Tapi, ada yang beda kali ini. Saat cuaca memasuki puncak gerahnya, malah bertebaran protas-protes yang bikin hawa makin panas.

Ya, apalagi kalau bukan tentang garam SNSD atau Girls’ Generation.

Personel girl band asal Korea Selatan tersebut kabarnya akan didatangkan ke Indonesia pada 18 Agustus 2017, saat acara Countdown Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, tempat yang belakangan ini semakin femes saja.

Acara itu tepat satu hari setelah HUT RI ke-72, bahkan bertepatan dengan perayaan HUT yang tahun ini sengaja dibuat lebih panjang waktunya. Nah, mungkin karena perbedaan waktu yang tipis-tipis itu, timbul syak wasangka bahwa SNSD didatangkan khusus untuk memeriahkan HUT RI.

Mungkin di kepala mereka yang protes itu membayangkan kedatangan SNSD pada Hari Kemerdekaan Repoeblik Indonesia yang tercyinta ini seperti seorang anak Rohis yang acara ultahnya mengundang Nikita Mirzani feat Duo Serigala. Nggak pantas!

Tapi, anggapan tersebut buru-buru diklarifikasi oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, ayahnya Sherina Munaf itu. Salah satu yang berada di garda terdepan dalam memprotes rencana itu adalah seorang ibu yang tampak menggebu-gebu di Twitter.

Bagi ibu itu, sesuatu yang terlampau lacur, jika sebuah girl band – yang menurut dia adalah simbol seks – turut andil dalam perayaan HUT RI. Jelas saja hal itu membuat para fans SNSD naik darah.

Belakangan, si ibu melalui akunnya sudah meminta maaf atas kesalahannya. Ia sadar bahwa saat itu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Dalam hal ini, ia ngetwit tanpa tahu jelas pada acara apa SNSD diundang.

Saya semula ingin menobatkan si ibu sebagai netizen paling otentik, eh malah minta maaf, malah mengakui kesalahan. Netizen macam apa itu?

Ada termaktub dalam kitab dunia maya bahwa “Jika di medsos anda kedapatan keliru, maka jangan sesekali mengakui kesalahan. Itu hanya akan membuat kredibilitas selebtwit anda tercemar. Ngeles adalah jalan keluar.”

Kembali ke SNSD.

Jujur saja, saya awalnya mengira SNSD itu adalah singkatan dari Suka Nyanyi Sambil Dribbel. Ternyata bukan, SNSD adalah singkatan dari so nyeo shi dae yang artinya girls’ generation.

Setelah protes tadi, saya jadi kepikiran, apa yang aneh kalau misalnya SNSD benar-benar datang khusus untuk memeriahkan HUT RI? Sekadar info, HUT Korea Selatan sendiri jatuh pada tanggal 15 Agustus atau dua hari sebelum HUT RI tanggal 17 Agustus. Alangkah indahnya berbagi semangat kemerdekaan antar bangsa Asia.

Apakah itu dianggap tidak nasionalis? Atau, jangan-jangan, masih ada yang beranggapan bahwa SNSD terlalu seksi, sehingga tak pantas memeriahkan HUT RI yang seharusnya suci nan sakral? Lha, itu banyak kok acara Agustusan mengundang biduan yang tak kalah ‘seksi’. Lagipula, seksi itu apa sih?

Namun, jika memang anda berkeras tak rela SNSD hadir, saya bisa kasih opsi girl band lainnya, yang tak kalah beken dan anda pasti suka. Please welcome: Moranbong Band…

Apaa?! Nggak tahu siapa Moranbong Band?!

Moranbong Band (escunited.com)

Ah, untung saja anda tinggal di Indonesia. Coba kalau tinggal di Korea Utara dan nggak tahu siapa Moranbong Band, bisa-bisa besoknya anda akan diikat di rudal latihan tentara Korut.

Lha gimana tidak, Moranbong Band adalah girl band yang dicetus oleh sang Supreme Leader, pria terganteng di Korea Utara dengan gaya rambut tak ada duanya. Yap, Kim Jong-Un.

Moranbong dibentuk pada 2012 dan beranggotakan 16 perempuan. Kalau kebanyakan girl band semua anggotanya adalah vokalis, tidak dengan Moranbong. Berkat kejeniusan Kim Jong-Un, personel Moranbong juga mampu bermain alat musik. Coba bandingkan dengan JKT48 yang anggotanya seabrek itu, tapi semuanya nyanyi.

Jelas bahwa pembentukan Moranbong Band tak bisa dilepaskan dari sentimen politik. Kim Jong-Un sudah pasti gerah dengan kelompok musik tetangganya di Selatan, yang namanya sudah terkenal sejagat raya.

Yup, dengan kata lain, Moranbong Band adalah proyek tandingan untuk melawan hegemoni Korea Selatan di dunia musik. Ada K-POP, ada pula NK-POP.

Tapi, jangan kira Moranbong sama persis seperti girl band di Korea Selatan. Karena Moranbong adalah proyek budaya tandingan, maka yang diusung juga nggak jauh-jauh dari ideologi politik. Moranbong punya ideologi.

Bayangkan saja, saat girl band Korea Selatan mengusung aliran pop, Moranbong justru mengusung aliran Realisme Sosialis. Bbeeuuuhhh…

Moranbong Band (koreatimesus.com)

Saya membayangkan kalau saja Tolstoy masih hidup dan menyaksikan Moranbong manggung, saya yakin dan percaya bakal ada berjilid-jilid buku yang ia tulis tentang Moranbong.

Kalau anda punya kuota yang cukup atau jika sedang numpang wifi-an, coba sesekali tengok itu video manggungnya Moranbong di Youtube. Anda akan disuguhkan sebuah hiburan yang magis. Kala personel Moranbong bernyanyi dan berjoget, tepat di belakang mereka ada layar besar yang menampilkan rudal terbang!

Atau, anda bisa menyaksikan bagaimana para pembesar Korut yang terkenal kaku itu lari-lari kecil di depan panggung sambil mengepakkan tangan ke atas. Epik!

Jangan lupa hayati lagu-lagunya, sebab yang dinyanyikan oleh Moranbong bukanlah kisah cinta, tetapi lagu-lagu yang bertema patriotik dan sosialis. Asoy kan?

Oh ya, jangan kira para personel Moranbong tidak cantik, mereka nggak kalah lho sama anggota SNSD. Bahkan katanya, mereka ini diwajibkan diet guna mempercantik penampilan, yang berarti juga tak kalah dengan artis di Korea Selatan.

Jadi, saya pikir, bagi kalian yang nggak rela SNSD datang, mending kirim surat ke Kim Jong-Un untuk mengirim rudal Moranbong Band ke Indonesia. Bagaimanapun, Moranbong Band lebih militeristik, sesuatu yang disukai bapak-bapak di sini. Atau, anda mau diundang juga ke Korut? Ya paling bakal dituduh antek kuminis, kan udah biasa…

  • Wawan Agusti

    Menurut gue SNSD gak kalah bagus

  • M Yusuf Tahmidillah

    hhe adem liat fotonya, tx infonya gan

  • cuci mata dulu, liat yang bening-bening
    sama mantepnya.

  • Sundea Salamatahari

    Jadi googling Moranbong band deh gara-gara baca ini :))

  • Chen nes

    apaan nih jelek jelekan SNSD

    kalau enggak tau SNSD jangan ngepos dong