Paschell MC: Bukan Sekadar Hobi, Tapi Jalan Hidup

Paschell MC: Bukan Sekadar Hobi, Tapi Jalan Hidup

Paschell Motorcycle Club (Paschell MC) berdiri sejak 2008. Kini, komunitas sepeda motor itu sudah memiliki empat chapter, yaitu Jakarta Chapter, West Java Chapter (Jawa Barat), East Java Chapter (Jawa Timur), dan Bali Chapter.

Paschell MC sebenarnya didirikan oleh orang-orang yang sebelumnya adalah anggota dari komunitas motor juga. Namun, karena tidak mendapatkan ‘chemistry’ di komunitas sebelumnya, maka lahirlah Paschell.

Paschell tergolong unik. Nama Paschell sendiri merupakan singkatan dari Pasukan Chellenk. Tapi jangan berpikir negatif dulu. Sebab, secara filosofi, chellenk itu hidup berkelompok dan sangat kuat ikatan kekeluargaannya. Respect, brotherhood, loyalty, and honor.

Karena itu, mereka menggunakan gambar kepala chellenk berwarna hijau sebagai lambang organisasi. Warna hijau dipilih, karena menggambarkan kehidupan, semangat, dan passion.

Terkadang mereka memaknai Paschell sebagai sebuah istilah dari PASsion Cherish Live Living, atau passion/semangat yang memberikan keceriaan/kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Mereka pun tidak ingin terjebak pada kerumitan aturan formal organisasi. “Kami ingin bebas dari aturan-aturan formalitas club motor yang terkadang tidak masuk akal untuk diikuti,” tutur Dhani, president Paschell MC.

Paschell MC
Paschell MC

Komunitas motor beragam merek ini lebih memanfaatkan etika yang berlaku di masyarakat sebagai aturan tak tertulis. Sebagai contoh, bagaimana bersopan santun dan menghormati kepada orang yang lebih tua dan membimbing serta bijaksana kepada orang yang lebih muda.

Prinsip respect, brotherhood, loyalty, and honor juga tidak tertulis, tapi mengikat. Prinsip itu hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang ada di dalamnya. Ada semacam kode etik yang harus dipahami dan dijalankan dengan penuh tanggungjawab oleh setiap anggota keluarga Paschell.

“Saya sebut di sini anggota keluarga, bukan anggota club. Ini bukan sekadar hobi. Bagi kami ini jalan hidup dengan segala konsekuensinya. Kami tidak memiliki target tertentu. Keinginan kami adalah bersaudara sampai jasad terkubur di liang lahat,” ujar Dhani.

Untuk mewujudkan itu, Paschell sangat menghormati perbedaan, mengedepankan toleransi, berkomunikasi secara terbuka, dan bertanggungjawab dalam menjalankan dinamika organisasi. Para anggota keluarga Paschell pun berasal dari berbagai profesi.

“Kami berharap ide-ide kreatif dapat diwujudkan menjadi satu kegiatan positif yang dapat bermanfaat bagi orang banyak,” tutur Dhani.

Saat ini, fokus kegiatan Paschell masih pada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan otomotif dan membina hubungan baik secara eksternal dengan komunitas motor lainnya. Kegiatan-kegiatannya masih seputar touring dan sosial kemasyarakatan.

Dari kegiatan itu, ada satu momen yang paling berkesan bagi anggota keluarga Paschell, yakni ‘Silaturahmi Paschell’. Kegiatan setiap tahun ini selalu dinanti, karena menjadi ajang temu kangen seluruh anggota keluarga Paschell di seluruh Indonesia. Tahun ini, ‘Silaturahmi Paschell’ diadakan di Bali pada 8-10 Mei.

Ke depan, Paschell masih fokus melakukan pembinaan ke dalam organisasi, sekaligus mengembangkan potensi-potensi anggota di setiap chapter. Saat ini, komunitas tersebut sedang menyiapkan website organisasi, yaitu www.paschell-mc.org.

Tujuan dari pembuatan website Paschell untuk memudahkan pihak internal maupun eksternal mengakses informasi mengenai kegiatan-kegiatan Paschell.

Lalu, bagaimana soal image komunitas motor yang cenderung ugal-ugalan? Dhani menegaskan bahwa semua perilaku yang merugikan orang lain selalu datang dari manusia yang bernama ‘oknum’.

“Pemahaman kami, organisasi dibuat untuk tujuan yang baik. Jadi tidak ada organisasi yang salah dalam hal ini,” ujar dia.

  • Tholut

    LOVE & RESPECT…

  • PASSAKH !!!

  • Bang Idrus 163

    Love & Respect

  • I like it…:)

  • Q~NOY

    Salam dari Kalsel…PASSAKH…!!!

  • Jodi Martin

    P A S S A K H . . . ! ! !

  • steve

    PASSAKH!!!!!!

  • FARIS

    LOVE N RESPECT

    PASSAKH

  • Capitan West Java Chapter

    L & R ..
    #fromWestJavaWithLove

  • Thank Voxpop… L&R

    • yudha pras

      Thank Voxpop…..,(bang jauhari mahardhika)

      L&R

  • mantaaaabbbb

  • DIKA PASCHELL

    LOVE & RESPECT
    PASSAKH!!!

  • Celline NLF_163

    PASSAKH!!!

  • SLAMET EBES

    LOVE & RESPECT
    PASSAKH….!!!

  • Ooink! Magazine

    P A S S A K H !!!!

  • wulansakti

    mohon untuk info a/n dimas jati anggota pashcell mc jabar,trima kasih