Menteri Baru Perlu Belajar dari Britney Spears dan Iggy Azalea

Menteri Baru Perlu Belajar dari Britney Spears dan Iggy Azalea

Selalu ada drama di panggung politik negeri ini. Kali ini masuknya Thomas Lembong ke kabinet, karena ditunjuk tiba-tiba oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Rahmat Gobel.

Siapa Thomas Lembong? Sebelumnya orang tak banyak tahu mengenai sosok tersebut. Terbukti, sesaat setelah reshuffle kabinet, Thomas Lembong adalah nama yang paling banyak dicari netizen di Google.

Pemilik bioskop Blitz Megaplex ini termasuk muka baru di kabinet. Thomas Lembong, yang lulusan Harvard, juga tergolong paling muda. Usianya baru 44 tahun.

Bandingkan dengan 5 menteri baru lainnya yang sudah senior. Sebagian besar usianya sudah di atas 60 tahun.

Sebut saja Luhut Pandjaitan (Menko Polhukam), Darmin Nasution (Menko Perekonomian), Sofyan Djalil (Menteri PPN/Kepala Bappenas), dan Rizal Ramli (Menko Kemaritiman). Sedangkan Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) berusia 52 tahun.

Para tokoh senior biasanya tak diragukan lagi kemampuan dan pengalamannya, meski sebagian masih kontroversial. Masuknya Thomas Lembong juga memberikan warna tersendiri, meski tak lepas dari nada-nada sumbang.

Terlepas dari itu, kolaborasi tokoh senior dan junior ini mendapat tantangan berat dari bosnya, yakni memperbaiki kondisi ekonomi dalam negeri yang semakin muram.

Meminjam istilah Paulus Bambang WS, “Lampu oranye sedang menyala: siaga dan waspadalah!” Lampu oranye artinya sudah melampaui lampu kuning (hati-hati), tapi belum sampai ke lampu merah (bahaya).

Pertumbuhan ekonomi terus melambat, harga bahan pokok merangkak naik, daya beli masyarakat menurun, korporasi efisiensi besar-besaran, pasar saham terpuruk, dan rupiah jeblok.

Masyarakat juga berharap banyak supaya ekonomi bisa kembali pulih. Ekspektasi besar ini sekarang berada di pundak para menteri baru dan tentunya Jokowi sendiri. Jangan sampai menteri baru, hasil kolaborasi senior dan junior ini, malah melempem.

Bagi para penikmat musik pop, menteri baru jangan sampai seperti kolaborasi Britney Spears dengan Iggy Azalea. Lama tak terdengar, Britney Spears, sang mantan ratu pop dunia berusia 33 tahun, seolah ingin membuktikan kalau kualitasnya sebagai penyanyi belum habis.

Britney pun merilis single sekaligus video klip baru berjudul ‘Pretty Girls’. Britney langsung menggandeng rapper wanita berusia 25 tahun, Iggy Azalea, yang sedang naik daun.

Tapi sayang, kolaborasi penyanyi senior dan junior ini tidak sesuai harapan. Padahal, sebelum lagu dan video klip dirilis, harapan fans Britney dan Iggy sangat tinggi, sehingga bakal melambungkan kembali nama Britney di kancah musik internasional.

Namun, karena tidak meledak, Britney dan Iggy malah saling menyalahkan satu sama lain. Jadi ramai persoalannya. Wah, jangan sampai menteri baru nantinya melempem, apalagi saling menyalahkan. Bikin rakyat tambah pusing…

Foto: mic.com