Meme Comic Indonesia Bicara soal Setnov, Kim Jong-un, hingga Micin!

Meme Comic Indonesia Bicara soal Setnov, Kim Jong-un, hingga Micin!

Meme Comic Indonesia

Meme telah merevolusi budaya populer. Itu mengapa sebagian orang percaya bahwa meme adalah masa depan. Sulit rasanya membayangkan dunia tanpa meme.

Meme tak cuma menghibur, tapi sekaligus efektif menjadi media baru yang aspiratif dan edukatif. Kalau ada yang ngaku-ngaku itu meme, padahal kontennya negatif dan nirfaedah, itu tak lebih dari sekadar sampah internet.

Meme itu harus cerdas dan menghibur. Ia menyampaikan sesuatu secara fun, sarkastik, dan satire. Jadi, gambar-gambar yang cuma menghina tanpa ada pesan baik dibaliknya, itu bukan meme.

Ada banyak platform yang menyajikan meme. Kalau di luar negeri yang paling populer adalah 9Gag atau Reddit. Sementara di dalam negeri? Meme Comic Indonesia (MCI) adalah salah satunya.

Demi Indonesia yang lebih cerdas dan gembira, Voxpop Indonesia coba menghadirkan Meme Comic Indonesia ke hadapan anda semua. Ada banyak hal yang kami bicarakan, termasuk soal Setya Novanto, Kim Jong-un, hingga micin!

Mari disimak…

Gimana ceritanya Meme Comic Indonesia bisa muncul?

Dipelopori Admin P yang suka mentengin web jokes meme luar negeri seperti Trolino/troll comic, 9Gag, memecenter, dan lain-lain, akhirnya muncul ide bikin ekstraknya, meme versi Indonesianya.

Awalnya Cuma translate meme luar negeri.. lama-lama berkembang menggunakan jokes lokal yang populer di masyarakat Indonesia. MCI sendiri dibentuk pada 16 Mei 2012.

Mengapa meme? Kontennya seperti apa?

Ya karena suatu ide cerdas yang bisa dibuat dan diulang dan terdapat pesan di dalamnya adalah suatu hal yang menghibur dan bisa dinikmati setiap orang.

Sehari, kita bisa mulai posting jam 7 pagi sampai 10 malam. Kita pakai sistem schedule setiap 15-30 menit. Jadi ya kira-kira ada sekitar 30-50 konten per hari. Kontennya bisa politik, sarkastik, baper-baperan, jokes sehari-hari antar teman, dan trending topic pada hari itu.

Berapa orang yang mengurus MCI, apakah harus bisa bikin meme semua?

Admin MCI kurang lebih 30 orang. Ya, semuanya harus bisa bikin meme. Kalo bisa masak, berarti kita buka warteg.

Apa tujuan dari MCI dan meme-memenya?

Tujuannya utamanya sih untuk menghibur. Tapi selain menghibur, kita juga berusaha mengedukasi member lewat jokes cerdas.

Dan sebagai komunitas, kita juga menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui meme, seperti kritik yg mengarah ke politik atau hal-hal yg menjadi trending topic lainnya di Indonesia.

Dari sekian banyak meme, mana yang paling lucu?

Lucu sih relatif, karena selera humor masing-masing orang beda. Tapi ini beberapa yang rame:

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/914786897636888576

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/923113402712465408

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/920251221088264192

Selain itu apalagi yang rame?

Tweet ini:

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/918085848997888000

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/926301678063595520

https://twitter.com/MemeComicIndo/status/922731503456370688

Apa keunggulan meme dan bagaimana masa depannya?

Orang lebih suka lihat berita atau isu yg dikemas secara lucu/menghibur berupa meme daripada membaca langsung di portal berita. Meme menyampaikan sesuatu secara fun/sarkastik/satire.

Kami rasa meme akan terus berkembang dan ada karena semakin banyak masyarakat pengguna internet/warganet yang tertarik menyampaikan kisah lucu, pendapat, atau kritik mereka melalui media meme.

Bagaimana pendapat anda tentang keinginan Jokowi yang ingin ada fakultas media sosial jurusan meme di kampus-kampus?

Jadi intinya setuju, kalau dari kami setuju karena dari universitas itu bisa menambah pengetahuan tentang meme, update informasi, serta penggunaan bahasa yang lebih baik. Bisa juga dijadikan sebagai ladang pekerjaan. Kalau perlu ada BUMN-nya sekalian. Haha…

Bagaimana dengan meme Setya Novanto, apakah itu kritik bernuansa satire atau penghinaan?

Seperti yang udah kita jelasin, meme itu bisa berupa suatu bentuk penyampaian pendapat/kritik dari masyarakat. Seringnya Bapak Setya Novanto menghindar dari panggilan KPK tentunya juga membuat masyarakat terutama warganet bertanya-tanya dan marah…

Maka dari itu, ada banyak banget meme tentang Bapak Setya Novanto yang tersebar di internet, mungkin jumlahnya udah ribuan/puluhan ribu.

Meme itu harus cerdas dan menghibur. Jadi gambar-gambar yang cuma menghina tanpa ada pesan baik dibaliknya itu bukan meme. Itu cuma sampah internet yang dibuat oknum tidak bertanggungjawab. Dan dari pihak MCI sendiri selalu menyaring setiap konten yang akan di-posting di akun sosmed kita.

Bagaimana sikap MCI melihat para penyebar meme Setya Novanto yang diperkarakan?

Meme itu termasuk salah satu media yang terbentuk dari aspirasi masyarakat yang dikemas dengan humor supaya menarik dan menghibur. Dalam hal ini, masyarakat memiliki cara sendiri dalam mengkritik kasus Setnov dan bukanlah termasuk dalam tindak kriminal yang harus diperkarakan.

Meme Setnov itu tak lebih dari sebuah kritikan dan cyberbullying saja, karena seperti yang bisa kita lihat, di luar sana bahkan banyak meme yang menghina kepala negara lain dan sama sekali tidak diperkarakan oleh pihak yang bersangkutan.

Kalau dari tokoh-tokoh yang ada, siapa yang paling meme-able?

Kalo dari tokoh, ada banyak yang sudah kita jadiin meme. Contohnya Yayan Ruhiyan, Bpk Haji Lulung, Ibu Susi, Kak Seto Mulyadi, dan lain-lain.

Alasannya sih karena tokoh-tokoh tersebut pernah membuat statement/berperilaku yang memang kita rasa bisa viral kalau dijadiin meme. Dan yang utama juga karena mereka tidak pernah mempermasalahkan saat dijadiin meme. Fun-fun saja.

Kalau misalnya pilih salah satu, meme Fahri Hamzah atau Fadli Zon?

Ada pilihan tokoh lain yang lebih pinter?

Lebih baper meme jomblo atau mantan?

Keduanya bisa baper, tergantung siapa yang lihat. Kalo yang liat jomblo, ya mereka baper dengan konten jomblo. Kalo yang lihat orang yang baru diputusin, ya mereka lebih baper lihat konten tentang mantan.

Satu lagi yang internesyenel, meme Donald Trump atau Kim Jong-un?

Kim Jong-Un, karena sosok beliau ini selain kontroversional, juga memiliki bentuk fisik yang lebih mudah untuk dijadikan bahan meme. Beliau ini terkenal dengan kediktatorannya yang kejam dan suka berbicara seenaknya sendiri, tapi tidak sesuai dengan wajah chubby-nya yang ‘menggemaskan’.

Apa yang terjadi jika di dunia ini tanpa meme?

Kim Jong-un masih jadi Presiden Korut. Pak Prabowo masih sebatas angan-angan jadi Presiden.

Bagaimana cara bikin meme yang MCI-able banget?

Hal yang harus diperhatiin sebelum buat meme, kita harus punya idenya dulu. Edit foto itu gampang karena sekarang udah banyak aplikasi edit yang bisa digunain.

Tapi meme itu bukan cuma gambar/foto yg dicoret-coret atau ganti-ganti muka jadi aneh. Harus ada ide dibalik gambarnya. Harus ada ide lucu/satire yang bisa kita sampaikan untuk menghibur.

Terakhir, apa pesan MCI untuk para pembuat dan pembaca meme?

Jangan salahkan micin atas kebodohan kids zaman now..!