Lagi Sibuk Ya? Cuma 3 Menit Kok, ASAP…

Lagi Sibuk Ya? Cuma 3 Menit Kok, ASAP…

Anda sering menemukan kata ASAP? Biasanya ASAP ditulis dalam surat-surat informal atau pesan singkat via aplikasi. ASAP di sini maksudnya as soon as possible atau secepat mungkin.

Di dalam surat atau pesan singkat, biasanya diketik reply ASAP (balas/jawab secepat mungkin). Sepertinya kata ASAP wajib ditulis, kalau kita ingin mengirim pesan penting terutama kepada orang yang (sok) sibuk.

Tapi ngomong-ngomong soal ASAP, apa yang terjadi di Riau kok kontras banget. ASAP di sini ya kabut asap akibat kebakaran hutan. Kabut asap di sana tidak bisa hilang secepat mungkin.

Kabut asap di Riau malah awet kayak pakai formalin. Ternyata sudah berlangsung selama sebulan? Baru tahu kan? Makanya jangan terlalu (sok) sibuk, jadinya tidak peka dengan apa yang terjadi.

Akhirnya warga Riau tergerak untuk #MelawanAsap. Gerakan itu kemudian kembali menggema di media sosial, sampai-sampai #MelawanAsap masuk trending topic dunia.

Beberapa komunitas di Riau juga membuat video yang menggugah hati setiap orang. “Kami tidak diam! Kami tidak ingin asap ada lagi di rumah kami.” Tidak hanya di Riau, tapi juga Kalimantan dan daerah lainnya.

“Mohon luangkan waktu 3 menit saja untuk melihat apa yang kami rasakan satu bulan ini.” (https://youtu.be/Sct122LQMWo)

Gerakan #MelawanAsap kemudian mendapat tanggapan beragam dari para penggiat media sosial sampai Presiden Jokowi. Berikut komentarnya:

f