Sisi Lucu dan Humanis dari Sosok Kurt Cobain

Sisi Lucu dan Humanis dari Sosok Kurt Cobain

empireonline.com

‘Cobain: Montage of Heck’ adalah sebuah film dokumenter tentang pentolan band Nirvana, Kurt Cobain. Film ini digarap oleh sutradara Brett Morgen, setelah Courtney Love, janda Kurt Cobain, menawarkan ide pembuatan film tersebut.

Film ‘Cobain: Montage of Heck’ merupakan film dokumenter pertama tentang Kurt Cobain yang dibuat atas kerja sama dengan pihak keluarga. Morgen dan timnya diberi akses ke seluruh arsip pribadi dan keluarga Cobain.

Film ini menampilkan foto, rekaman video dan audio, serta catatan harian (diary) Cobain yang selama ini tidak terungkap ke publik. Bahkan, Frances, putri Kurt Cobain, mengaku belum tahu kalau ada ‘warisan’ ayahnya yang sangat berharga itu.

Selama ini, publik hanya mengetahui vokalis Nirvana yang tewas bunuh diri pada usia 27 tahun itu mengalami depresi dan ketergantungan obat terlarang. Stigma buruk itu begitu melekat sampai saat ini, meski kematiannya sudah berlalu selama 21 tahun. Pemuda asal Irlandia itu mengakhiri hidupnya di Seattle, AS, pada 5 April 1994.

Banyak orang yang juga mencap Kurt Cobain dan istri sebagai keluarga durja, karena berisi ayah pecandu dan ibu yang hidup glamor. Pelantun lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ dan ‘Come as You Are’ itu bahkan menggapai puncak karirnya pada usia muda, dengan mengusung aliran musik grunge dan rock alternatif.

Namun, siapa sangka, dalam film ‘Cobain: Montage of Heck’, terdapat sisi lucu dan humanis dari seorang Kurt Cobain yang selama ini publik tidak tahu. Berbekal dokumentasi berupa 200 jam rekaman audio, 4.000 lembar diary, dan video rekaman pribadi Cobain dan keluarga, sutradara Brett Morgen berhasil menampilkannya dengan apik.

Beberapa footage menggambarkan kedekatan Kurt Cobain dengan Frances, putrinya yang masih kecil saat itu. Momen itu menggambarkan secara kuat pribadi Cobain sebagai ayah dan penyanyang. Begitu juga kemesraan dan kelucuan Cobain dengan sang istri, Courtney. Sebagai pasangan muda, canda dan tawa mereka pun sempat diabadikan.

Kondisi itu jauh berbeda dengan masa kecil Cobain, yang ikut digambarkan dalam film tersebut. Ketika kecil, orangtua Cobain terpaksa harus cerai. Di sisi lain, Cobain didiagnosa menderita ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak, sehingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.

‘Montage of Heck’ sendiri berasal dari nama sebuah rekaman pribadi Cobain pada 1998, yang berisi beragam warna musik sepanjang 36 menit. Film itu juga menampilkan perjalanan band Nirvana, mulai dari manggung kecil-kecilan sampai konser akbar.

Film ini juga menampilkan selusin lagu milik Nirvana yang tak pernah dirilis, sebuah warisan berharga untuk dunia musik internasional. Film ‘Cobain: Montage of Heck’ tayang perdana di Sundance Film Festival pada 24 Januari 2015. Film ini berdurasi selama 132 menit.