Misteri di Balik Akun InfoTwitwor (Eksklusif)

Misteri di Balik Akun InfoTwitwor (Eksklusif)

Ilustrasi (hai.grid.id)

Hanya dalam hitungan beberapa bulan, sebuah akun menarik perhatian banyak pihak. Dalam sekejap, jumlah pengikutnya di Twitter menembus 30 ribu followers. Akun tersebut bernama @InfoTwitwor.

Nasib berbeda dialami oleh sejumlah akun senior caper seperti @picoez, @LordRio82, dan @qitmr yang bertahun-tahun tak kunjung menyentuh 20 ribu followers.

Penasaran dengan apa cita-cita @InfoTwitwor, redaksi Voxpop memutuskan untuk mewawancarai admin akun tersebut secara eksklusif. Setelah melalui negosiasi yang cukup alot dan keras #tsaaaah, akhirnya Voxpop berhasil melakukan wawancara dengan tetap menghormati anonimitasnya.

Selamat membacaโ€ฆ

Apa alasan pembuatan akun @InfoTwitwor?

Awalnya iseng aja sih, ada selebtwit twitwor sama selebtwit lain, seru berbagi kepceran twitwornya. Eh keterusan deh.

Sejak kapan berkicau dan sampai kapan?

Akun ini mulai berkicau 4 Mei 2017, sampe mimin bosen kelak.

Bisa ceritakan kronologi bagaimana awalnya membuat akun tersebut?

Ya lagi pengen aja trus bikin. Spontan. Tidak direncanakan, dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Dah mirip teks proklamasi kali yeee.

Ada berapa orang yang mendirikan dan menjadi admin?

Cuma berdua. Tapi yang satu udah cabut, mengejar cita dan cintanya. Sekarang tinggal sendirian.

Mimin usianya berapa?

Kisaran usia antara 0 sampai 100 tahun.

Hobinya?

Menulis, membaca, menggambar, lari-lari kecil, makan yang ena-ena.

Selain ngadmin, apa profesi di dunia nyata?

Profesinya sama dengan kebanyakan netijen lain: pencari nafkah untuk menyambung hidup dan berbagi rezeki dengan sesama makhluk Allah.

Bagaimana cara kerja akun @InfoTwitwor?

Tiap ada mood dan waktu ya ngetwit, apalagi ada bahan yang lucu-lucu gimana gitu.

Twitwar dan drama seperti apa yang diangkat?

Awalnya dulu segala jenis twitwor dan drama. Tapi berdasarkan polling yang pernah diadakan mimin, ternyata lebih dari 50% netijen menyukai twitwor dan drama lucu yang dilakukan sesama netijen, atau netijen yang mengetroll selebtwit sombong. Jadi kami lebih memprioritaskan genre itu.

Bagaimana dengan topik lainnya?

Untuk twitwor genre politik, agama, dan bola, ternyata kurang disukai. Jadi kami agak mengerem nafsu untuk mempostingnya, walau tetap ada.

Apakah ada kisah yang unik?

Netijen selalu memiliki kekonyolan, kepolosan, dan spontanitas yang luar biasa. Layak diabadikan dalam kepceran-kepceran yang mimin posting. Bahkan kalau perlu ada museum khusus untuk itu.

Twitwar dan drama seperti apa yang dianggap paling seru?

Twitwor paling seru dan lumayan banyak direspon netijen adalah twitwor seorang dokter vs netijen anti-vaksin:ย https://twitter.com/InfoTwitwor/status/874874121439645696,ย yang di-RT sampai 1.625 kali, dengan impresi sampai 200.000 lebih.

Twitwar paling seru

Kalau yang paling lucu?

Yang paling lucu adalah twitwor penuh kreativitas kata celaan (part 1):ย https://twitter.com/InfoTwitwor/status/869758572460097536, yang di-RT 1.073 kali, dengan impresi 170.000 lebih.

Twitwar paling lucu

Apakah pernah ada orang atau institusi yang marah-marah dan protes?

Kalau institusi sejauh ini belum ada yang marah-marah. Paling selebtwit yang sebel, karena twitwornya mimin kepcer dan diberi kepsyen lucu. Sampai mimin di-block oleh sejumlah selebtwit.

Contohnya?

Contohnya Ika Natasha, waktu dia ngomelin netijen yang nonton film yang diangkat dari bukunya di YouTube. Atau, ada netijen yang membela netijen yang dia omelin itu.

Bagaimana perasaan mimin?

Alhamdulillah, khalayak netijen banyak yang bersimpati pada mimin, sehingga mimin kian semangat menekuni passion di bidang ini. Bahkan banyak netijen yang berkontribusi langsung memberi kepceran twitwor/drama, atau kasih info kalo ada twit yang lucu. Sungguh antusias netijen di luar dugaan.

Apakah akun ini cuma buat seru-seruan atau bisa dimonetisasi untuk bisnis ataupun kepentingan politik?

Sejauh ini masih seru-seruan sih. Ada yang sempet DM mau nitip endorse acara tertentu, tapi mimin tolak dengan manis. Sebab mimin masih mau bebas merdeka saat ini.

Sampai kapan?

Kelak jika ada tawaran menggiurkan yang sulit ditolak, misalnya honornya bisa buat beli private jet, ya maaf saja, mimin terpaksa menerima. Maklum, mimin hanya netijen biasa dengan segala kelemahannya.

Selain twitwar dan drama, memang jenis twit apalagi yang diangkat?

Twit netijen yang mengomentari berita atau kejadian biasanya banyak yang lucu. Spontan dan luar biasa kreatif, tanpa sensor. Netijen cewek misalnya, nggak malu membahas KNTL-nya Andikha Kangen Band atau Ariel. Hal yang di dunia nyata jarang dijumpa, terutama di forum terbuka.

Apakah pernah ada netizen yang nanya aneh-aneh?

Banyak yang nanya password. Banyak juga yang menebak mimin adalah selebtwit atau tim yang digawangi para selebtwit papan atas. Duh, mimin jadi terharu dan meneteskan air mani, eh air mata. Bahkan ada beberapa selebtwit yang sampe bikin polling untuk menerka siapa mimin.

Selain Twitter, apakah ada media sosial atau platform lainnya yang digunakan saat ini atau ke depannya?

Tidak ada, walau banyak netijen yang minta agar mimin bikin akun juga di Instagram, Line, dan Facebook. Maybe next, jika Allah memberi kesempatan.

Bisa sebutkan 5 akun Twitter yang selalu jadi pantauan?

Tak perlu disebutkan, demi mencegah kecemburuan sosial antar netijen.

Kalau 5 akun Twitter yang menginspirasi mimin?

Idem dengan di atas, demi mencegah kecemburuan sosial antar netijen. ๐Ÿ™‚

Demikian wawancara dengan admin @InfoTwitwor. Nantikan wawancara santai dengan narasumber unik lainnya, hanya di voxpop.id.

  • Hidayat Adhiningrat

    Wawancaranya nyebelin banget…. tidak berfaedah sama sekali ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • Lord Rio Den Tedjo

    Artikel yg sungguh bruengseekk… hakok aku dijadiin contoh!! ๐Ÿ˜‚

  • Kevin Kurnia

    Kembalikan waktu 3 menit saiaaa…. ๐Ÿ™‚