Wawancara InfoTwitwor Jilid II: Tahun Politik, Selebtwit, dan Rahasia Kecil tentang Asmara

Wawancara InfoTwitwor Jilid II: Tahun Politik, Selebtwit, dan Rahasia Kecil tentang Asmara

Ilustrasi (@InfoTwitwor)

Voxpop (terpaksa) mewawancarai akun @InfoTwitwor untuk kedua kali. Ada beberapa alasan. Pertama, karena tahun ini adalah tahun politik, situasi twitwar pasti memanas. Kedua, kami ingin memastikan akun tersebut tidak berubah wujud menjadi akun buzzer politik. Ketiga, rahasia.

Satu per satu rahasia terkuak dalam wawancara. Jauh lebih menarik dibanding wawancara pertama pada pertengahan 2017, yang berjudul “Misteri di Balik Akun InfoTwitwor (Eksklusif)”.

Kali ini, sepintas ada nada ‘kebencian’ admin @InfoTwitwor alias Minwor kepada akun @PEMBIMBINGUTAMA, @picoez, dan @kokokdirgantoro. Di sisi lain, kerap penuh puja-puji terhadap akun @ivanlanin.

Admin akun dengan jumlah followers 82 ribu ini menceritakan semuanya kepada Voxpop. Berikut obrolannya. Selamat menikmati…

1. Jumpa lagi nih, Min. Bagaimana dunia twitwar saat ini?

Twitwar politik makin tak terkendali. Makanya Minwor sebisa mungkin menghindarinya, walau banyak yang DM minta agar Minwor meramaikannya. Maaf, Minwor nggak mau memihak kubu manapun saat ini. Maka kami hanya menyajikan twitwor (twitwar dan humor), bukan twitwar yang gitu deh.

2. Apa bedanya dengan tahun lalu?

Itu tadi, Minwor mulai menyeleksi jenis twitwar. Sebisa mungkin yang menghibur netijen aja. Sebab Minwor paham, netijen sudah muak dengan twitwar politik yang kian menggila.

3. Twitwar paling viral tahun ini yang mana?

Hingga pertengahan Maret 2018 yang paling viral adalah:

Total 420.000 impresi.

Total 206.000 impresi.

Total 156.000 impresi.

4. Sekarang pasti sibuk memoderasi sedemikian banyak twitwar, apalagi followers sudah naik lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu. Apa rahasianya bisa tetap strong mengelola akun?

Alhamdulillah impresi pun melonjak. Sudah banyak juga netijen yang dengan sukarela mengirim skrinsyutan seru, baik melalui DM atau langsung minta Minwor rituit. Sungguh di luar dugaan antusias netijen ini. Minwor terharu hingga menitikkan air mani, eh air mata.

5.Waktu itu, akun @InfoTwitwor sempat disuspensi oleh Twitter. Mengapa? Lalu, bagaimana bisa kembali normal?

Oh bukan disuspen. Akun tetap ada, hanya nggak bisa ngetwit sesaat akibat Minwor belum sempet aktivasi kode togel, eh kode konfirmasi. Kan ditelpon pihak Twitter, diminta mengetikkan kode yang dia sebutkan. Tapi seharian Minwor sedang ribet dengan kerjaan, jadi tertunda. Sorenya semua sudah normal kok.

6. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari peristiwa itu?

Pelajaran apa ya? Pelajaran bahasa Inggris, sebab didikte kodenya dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah Minwor lolos.

7. Kenapa sih orang suka twitwar dan belakangan ini Twitter isinya penuh twitwar. Bagaimana pendapat Minwor tentang kerinduan sebagian kalangan supaya Twitter digunakan untuk hal-hal receh yang menghibur saja?

Mungkin karena stres akibat tekanan hidup yang kian berat ya? Daripada ngamuk di dunia nyata, akhirnya netijen ngamuk di medsos. Biar aja lah, mas. Selama nggak berakhir dengan tarung atau saling meng-UUITE-kan. Biarkan mereka puas. Kalo rindu dengan receh-recehan, silakan nikmati TL Minwor atau TL akun receh sejenis @picoez, @PEMBIMBINGUTAMA, @kokokdirgantoro eh maap, sudah jadi caleg ya? Berarti nggak receh lagi dong. Wkwkwkwk.

8. Memangnya apa twitwar terpanas belakangan ini?

Yang terpanas itu saat @hansdavidian berseteru dengan @arman_dhani. Twitnya kadang no mention, kadang nyinyir. Tapi seru dan panas karena sampai menyeret banyak pihak, seperti orang dekat dan keluarga. Bahkan banyak netijen dan selebtwit yang ikut heboh selama berhari-hari. Isu hot ini diakhiri dengan pertemuan kubu Hans dengan kakak Arman Dhani, @andriandb.

9. Mana yang paling mendapat impresi paling tinggi, twitwar yang panas atau menghibur?

Impresi tertinggi tetap twitwor yang menghibur. Sebab netijen selalu butuh hiburan. Yang panas-panas itu sesungguhnya hiburan juga, tapi efeknya kurang positif, karena memicu pertentangan antar kubu.

10. Ada anggapan twitwar menjadi jalan pintas mendongkrak popularitas di Twitter saat ini. Ada pendapat?

Ada yang twitwor karena niat, sengaja mancing-mancing emosi netijen lain. Ketara kok, biasanya cari gara-gara. Twit lagi adem, eh tau-tau dia ngetrol. Kalo lawannya terpancing, gol deh. Ada juga twitwor yang lahir karena memang lagi stres aja, pelampiasan emosi yang terpendam di dunia nyata. Kedua jenis twitwor ini bisa mendongkrak popularitas. Tapi bisa populer karena dibenci, atau disukai.

11. Bagaimana dengan selebtwit yang suka twitwar? Siapa saja yang suka twitwar?

Selebtwit yang suka twitwor ya mas sudah tau sendiri deh. Model kayak @awemany, @_haye_, @dulatip, @fahrihamzah, @tifsembiring, dan banyak lagi.

12. Mengapa Minwor sering meng-capture pertanyaan-pertanyaan netizen ke Ivan Lanin, dan memberi opini yang ‘adem’?

Sebab Minwor salut dengan kesabaran om @ivanlanin yang luar biasa. Ada aja netijen jahil, nanya yang aneh-aneh, tapi Om Ivan masih sempat menjawab dengan serius atau canda. Luar biasa, jarang sekali ada selebtwit sesabar itu. Sudah pintar, sabar, baik hati, cerdas, tidak sombong. Coba sebutkan apa ada yang seperti itu? Kokok Dirgantoro? Ah masaaaaak???

13. Bisa dianalisis singkat nggak, dari semua dinamika akun @InfoTwitwor sejak berdiri sampai sekarang, berapa persentase netizen yang suka? Berapa persen yang tidak suka?

Bisa dikatakan yang suka 70%, yang ngga suka 30%. Kita kan nggak bisa membuat semua orang suka sama kita. Wajar saja itu sih. Tapi semua Minwor terima dengan lapang dada. Cuma kadang suka iseng aja ngerjain yang nyinyirin Minwor, hehehe.

14. Cita-citanya akun @InfoTwitwor apa sih, Min?

Terus memberikan hiburan bagi netijen. Agar netijen tidak terseret keruhnya hoaks-hoaks dan pertentangan di medsos.

15. Di dunia nyata, sekarang lagi sibuk apa selain ngadmin?

Ssst… jangan bilang-bilang ya. Minwor lagi ngejar cewek nih. Doain aja sukses ya. Capek jadi jomblo. Males juga PETRUS JANKADOR di TL.

16. Pernah merasa bosen nggak selama kelola akun?

Namanya aja manusia, pasti pernah dilanda bosan. Donald Trump aja pasti pernah bosan sama muka dan rambutnya, masak Minwor nggak?

17. Berapa orang yang tahu identitas asli Minwor? Siapa mereka, teman, keluarga, atau yang lain?

Alhamdulillah sejauh ini masih aman. Bahkan sesama admin pun tidak tahu identitas asli, sebab belum saling memeriksa KTP, KK, Akte Lahir, hingga bentuk jenis kelamin kami yang sesungguhnya. Sebab kami nggak pernah ke toilet barengan.

18. Ada pesan yang perlu disampaikan untuk netizen?

Teruslah ngetwit yang konyol dan receh, sebab itu kunci kebahagiaan di medsos.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN