Christopher Robin Sahabat Winnie the Pooh, Cristoper Ronal?

Christopher Robin Sahabat Winnie the Pooh, Cristoper Ronal?

Wahai Ronal Cristoper Ronal.. Apakah kamu pernah menonton serial animasi Winnie the Pooh, beruang madu yang lucu itu?

Baiklah.. Winnie the Pooh adalah karakter beruang fiksi karya AA Milne pada 1926. Sehari-hari, Pooh senang sekali bermain bersama teman-temannya. Ada Piglet si babi pemalu, Owl si burung hantu, Kanga si kanguru, Eeyore si keledai, Rabbit si kelinci yang pemarah, dan Tiger si macan yang hobi melompat.

Oh ya, Pooh si beruang kuning yang chubby itu ternyata juga memiliki sahabat seorang manusia. Namanya Christopher Robin. Kok mirip ya sama namamu, Cristoper Ronal (Ronal Cristoper Ronal – Akun Facebook).

Kalau begitu, apakah Ronal tahu makanan favorit Pooh? Madu atau racun? Ya madulah, namanya juga beruang madu. Ya kali…

Lalu apakah Ronal tahu beruang madu? Itu lho, foto yang Ronal unggah di Facebook tengah terbujur kaku dengan perut menganga. Bersama dua kawanmu, foto beruang madu lucu yang sudah mati itu kamu unggah di Facebook, pas hari raya idul kurban.

Foto yang kamu kasih judul ‘Tnkapan hr ini’ itu menjadi ramai diperbincangkan di media sosial. Dibagikan oleh banyak akun. Lalu menjadi viral.

Saya kemudian iseng melihat foto-foto di akun Facebook-mu. Banyak sekali koleksi artis Korea di sana. Tapi, yang membuat saya kaget, saya melihat beberapa foto hewan yang tampaknya abis dibantai, seperti kancil, kucing hutan, ular, dan monyet. Astaga naga!

Ronal.. Saya tahu dari profil akun Facebook-mu bahwa kamu orang berpendidikan. Di sana, kamu menulis kuliah di Universitas Kartanegara, Kaltim. Lalu, pekerjaanmu – benar atau tidak – hanya kamu dan Tuhan yang tahu – di Kantor Dinas Kependudukan. Alamak? Kamu PNS? Jebolan universitas swasta ternama di Tenggarong pula.

Ronal mungkin malas baca atau tak peduli sama hukum. Coba buka-buka di internet. Ada Peraturan Pemerintah (PP) No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Unduh sejenak. Baca pelan-pelan.

Nah, di sana tercantum hewan-hewan apa saja yang dilindungi negara. Helarctos malayanus atau beruang madu, felis bengalensis atau kucing hutan, dan tragulus spp atau kancil ada lho di dalam daftar.

Kalau belum puas, bisa baca juga Undang-Undang (UU) No 5 tahun 1999 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Di dalamnya, ada sanksinya kalau menangkap, melukai, dan membunuh hewan yang dilindungi. Ancamannya hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta. Nah, lho!

Saya tak mengerti mengapa kamu dan teman-temanmu hobi sekali membantai satwa yang dilindungi dan memamerkannya di media sosial. Mungkin untuk gaya-gayaan ya supaya cewek-cewek terkesima, terkesan gagah, lalu jatuh cinta. So sweet..

Tapi ini dugaan ya, karena Ronal belum tentu bersalah. Kabar terkini yang saya terima, polisi sudah menangkap Ronal dan dua kawannya. Mereka masih diperiksa.

Dari keterangan sementara, Ronal katanya menemukan beruang madu itu sudah mati terkena jerat babi. Lalu seorang rekannya iseng mengambil gambar saat membelah perut beruang itu. Foto itu kemudian diunggah ke Facebook.

Tapi terlepas dari itu, beruang madu populasinya terus berkurang akibat diburu dan diperdagangkan. Padahal, beruang madu termasuk satwa yang dilindungi.

Konon, beruang madu dijadikan sasaran pemburu, karena empedunya berkhasiat menyembuhkan aneka penyakit. Tapi sampai sekarang belum pernah ada riset ilmiah yang membuktikannya.

Ah ternyata… Cristoper Ronal ini bukanlah Christopher Robin. Jika terbukti, Cristoper Ronal bakal menjadi musuh beruang madu. Bersatulah kaum beruang sedunia! Walah, kayak manifesto apa aja. Manifesto apa? Komunis? Oh bukan, manifesto Winnie the Pooh..

  • Suharto

    keren. semoga kita sadar betapa pentingnya nyawa, walau dia cuma beruang madu.

  • Irawan

    Eh iya baru nyadar namanya hmpir mirip

  • Wawan

    Cerdas!