Bagaimana Zombi Melihat Trump dan Jokowi?

Bagaimana Zombi Melihat Trump dan Jokowi?

“I’m a Gemini, so I change my mind everyday.”

(Natalie Portman)

Gemini sulit ditebak. Bukan karena mereka lihai berstrategi seperti kaum Scorpio, tapi karena para Gemini seperti sekotak undian berhadiah dengan isi yang random. Kita bisa memperoleh apa saja dari keacakan mereka itu, termasuk “Anda kurang beruntung” atau “Coba lagi”.

Gemini dikuasai oleh Merkurius, planet yang merepresentasikan komunikasi. Karena itulah banyak kaum Gemini yang populer, karena kutipan-kutipan mereka yang catchy. Salah satunya, John F Kennedy, mantan presiden Amerika Serikat. Salah duanya, Soekarno, mantan presiden Republik Indonesia.

Ngomong-ngomong soal presiden Amerika Serikat dan Republik Indonesia, Donald Trump dan Jokowi, sama-sama bernaung di bawah zodiak berlambang anak kembar ini. Tapi Gemini Trump tidak sama persis dengan Gemini Jokowi. Jadi, mari kita coba bedah karakter mereka dengan gaya Zodiak Gembira alias Zombi.

Donald Trump

Ia lahir di New York, 14 Juni 1946, pukul 10:54 am. Ia adalah Solar Gemini dengan ascendant (perhatikan tanda panah merah dengan tulisan “Asc” di chart zodiak Trump) di Leo. Singkat cerita, ascendant menunjukkan topeng sosial seseorang.

Jadi tidak heran, jika Trump kerap tampil sebagai Gemini yang kesingasingaan.  Ia punya keangkuhan raja hutan. Sebentar-sebentar ia mengaum dan tanpa ragu-ragu akan menerkam siapapun yang menghalangi kepentingannya.

Courtesy of Sundea Salamatahari
Courtesy of Sundea Salamatahari

Di sisi lain, ia pun dapat menjadi ‘singa sirkus’. Kombinasi karakter Gemini yang entertainer by nature dan ascendant di Leo membuat Trump menjadi materi reality show yang menarik. Ia adalah pengusaha dengan popularitas ala selebritas. Kehidupan pribadinya yang penuh drama bolak-balik menjadi bahan pemberitaan media-media gosip.

Sifatnya yang antagonis-antagonis kontroversial pun kerap diparodikan, antara lain oleh serial televisi ‘Muppet Show’ dan ‘Tiny Toon’.  Ia pun pernah menjadi bintang game reality show-nya sendiri, ‘The Apprentice’.

Bahkan ketika Trump mencalonkan diri sebagai presiden, banyak yang menanggapi kehadirannya sebagai tontonan pemeriah suasana. Tetapi ketika ia ternyata sukses terpilih sebagai presiden… masyarakat mulai panik. Trump bagaikan singa sirkus yang melompat keluar dari arena lantas bebas berkeliaran di tengah-tengah penonton.

Mars – planet yang saya beri lingkaran merah pada chart – di rumah pertama dan Leo membuat Trump menjadi sosok yang agresif. Bagi Trump, segala sesuatu adalah pertarungan; siapa yang menang dan siapa yang kalah.

Trump punya banyak energi dan selalu membutuhkan api untuk menyemarakkan hari-harinya. Maka tak heran, jika hidupnya sudah terasa terlalu adem-ayem, om-om berusia 70 tahun ini punya kecenderungan untuk membakar apa saja. Sepertinya inilah yang membuatnya tak pernah lepas dari sensasi.

Sebagai Gemini, langkah-langkah Trump sulit ditebak. Ia bisa berubah kapan saja dengan ataupun tanpa alasan. Tapi jangan lupa. Di antara kedua saudara seunsur anginnya – Libra dan Aquarius – Gemini adalah zodiak dengan kualitas mutable alias yang paling ringan. Artinya, jika berada di bawah pengaruh yang lebih kuat, Trump bisa jadi tidak sulit dikendalikan.

Prinsip-prinsipnya mudah berubah dan kata-katanya tidak absolut. Hanya saja butuh kecerdikan untuk mengemudikannya tanpa terkesan mengekang. Bulan di Sagitarius (bagian yang saya beri tanda biru) membuat Trump selalu ingin merasa bebas.

Tapi pada prinsipnya Trump seperti layang-layang. Seolah-olah dapat terbang ke mana saja dan panggung untuk memenuhi hasrat singa sirkusnya sudah membuat si Om cukup asyik sendiri. Selama merasa senang, ia takkan terlalu menyadari keberadaan benang gelasan yang sesungguhnya tengah menyetir arahnya.

Nah, sekarang masalahnya, siapa yang lebih kuat, bersedia, cukup punya visi, dan mampu memegang kendali atas suami Melania Knauss-Trump ini?

Jokowi

Berhubung informasi mengenai jam kelahiran Jokowi agak simpang siur, chart zodiak Jokowi tidak saya sertakan di artikel ini, ya, soalnya kurang lengkap. Tapi bukan berarti ayah Kaesang Pangarep ini tidak bisa kita bahas.

Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah. Tanggal lahirnya yang berada di ambang batas Gemini-Cancer membuatnya disebut sebagai Gemini/Cancer cusp. Artinya, meski masih sering didaku sebagai anggota keluarga Gemini, Jokowi tidak Gemini-Gemini amat.

Gemini dikuasai oleh Merkurius, planet yang merepresentasikan cara berpikir dan komunikasi. Sementara Cancer dikuasai oleh bulan yang merepresentasikan emosi. Berada di antara keduanya membuat Jokowi  sering mengalami pertentangan pikiran dan hati yang cukup hebat.

Kondisi ini membuatnya senasib dengan sebagian besar kaum Gemini, diliputi kebimbangan yang membuatnya seperti punya dua kepribadian saat harus mengambil keputusan.

Tetapi Jokowi tidak ‘ringan’ seperti tipikal Gemini pada umumnya. Sebab, meski Gemini berkualitas mutable, Cancer berkualitas cardinal. Artinya, di antara saudara-saudara seunsur airnya – Scorpio dan Pisces – Cancer justru yang paling kuat.

Gemini/Cancer cusp sering disebut juga sebagai ‘The Cusp of Magic’. Mereka punya sisi-sisi Gemini yang komunikatif, playful, dan penuh kejutan, tapi juga sensitif, nurturing, dan introspektif seperti keluarga Cancer.

Langkah-langkah Jokowi bisa jadi sulit ditebak dan ia bisa saja berubah-ubah secepat cuaca. Tapi intuisi memberinya arah dan batasan. Pelopor  tren blusukan ini tak akan sampai hilang di keentahan seperti layang-layang lepas.

***

Bagaimana? Seru kan? Nggak perlu dibawa terlalu serius, tapi bolehlah direnung-renungkan sebagai informasi tambahan dalam hidup ini.

Karena kita sempat bicara tentang layang-layang, saya akan menutup artikel ini dengan kutipan dari Presiden Republik Cinta yang kebetulan juga Gemini. “Ayang-ayangku, ayang-ayangku, kau buatku melayang, kau buatku dimabuk kepayang… ”

Zombi datang, semua senang… 🙂

  • Karel Densha

    Nama saya Anggie, saya lahir 21 juni 1995 dengan sun sign di gemini, tapi saya terlahir dibawah naungan gemini-cancer alias cusp of magic.
    Apakah cancer dan gemini yang sama2 moody dan berubah2 membuat para gemincer disebut ‘cusp of magic’?